Daftar Makanan Halal di Bangkok

Sebelum berangkat, browsing dulu tempat makanan halal di Bangkok, lumayan banyak referesinya jadi no worries. Tulisan ini berdasarkan banyak referensi yang saya rangkum. Sudah di print juga alamatnya dan alhamdulillah hari ke 2 print out nya hilang :D. Banyak jalan menuju Roma, salah satunya sebelum berangkat ya browsing dulu biasanya hostel menyediakan wifi, relax.
Beberapa tempat makan yang saya kunjungi.

1. Yana restaurant di MBK lantai 5, makanannya Thai food dan international food plus cemilan-cemilan. Must try papaya salad “Som Tam” ada juga yang dari mangga muda. Rasaya segar, seru dan rame cocok di lidah saya. Harga standar mall. Sebenarnya banyak jual juga di hawker food dan harganya lebih murah pastinya.
Diseberang Yana resto di fifth food avenue, ada juga restoran Indonesian Food by Jimbaran Bali halal, cuma bergandengan dengan Thai food yang gak halal :). Ada juga restaurant India Halal berdekatan, tapi ya itu masakan India/Timur Tengah lagi.

2. Food Court Platinum Fashion Mall.
Disini aneka makanan pembuka, penutup, kue-kue khas Thai, minuman,jus dan KFC juga ada. Hanya saja cuma satu gerai yang berlogo halal, masakan timur tengah nasi briyani, sambosa, dan teman-temannya. Saya makan nasi briyani yang sudah ada ayamnya.

P1010103

3. Saman Islam di Chatuchak weekend market, masakannya Thai, Arab dan aneka olahan mie, lengkap juga, kisaran harga agak mahal ukuran makan ditempat yang gak pake AC. 50 – 350 baht. Paling banyak hawker di Pasar ini kita hanya perlu lebih jeli memilih dan bertanya jika memang tidak ada label halalnya.
IMG_9022

4. Restaurant di National Stadium. Macam-macam menunya harga lebih terjangkau mulai dari 40 baht untuk makanan. Saya coba Pad Thai, enak.

5. Food Court di Suvarnabhumi Airport, Magic Food Court namanya, counter yang halal lokasinya agak tertutup, paling kiri. Begitu masuk kita beli kupon, dan berbelok kearah kiri pojokan nanti ada petunjuknya. Harganya standar dan rasanya lumayan enak, saya suka daun selada dikasi bumbu kacangnya mirip gado-gado :)

6. Hawker Food di sekitar grand palace, Pad Thai, Kebab Turki dll.
dan tentu saja 7 eleven ya…ini jurus terakhir kalau sudah mentok.
IMG_9152

Itu tempat yang saya sambangi, selain itu masih banyak lagi, berikut saya tambahkan.
7. Tofa Easy Halal Cafe, Junction Thanon Ratchabophit and Thanon Tithong

8. Home Cuisine Islamic Restaurant, Bangrak, sebrang lapangan parkir Kedubes Prancis , sekitar 15 menit jalan dari Saphan Taksin BTS station.

9. Daerah Banglamphoo / Khao San Road
Aeisah Rosdee dekat Wat Bowonniwet
Sara Halal di dalam New World City Hotel
Areesaa Lote Dee อาอีซะฮ์ รสดี
อาอีซะฮ์ รสดี (Khao Mok Gai Khao near Khao San Road)

10.Di Sathorn
Kedai makanan kecil halal terletak di Sathorn Soi 12. Lokasi tepat berada di sebelah The Adress Sathorn, Stasiun BTS terdekat adalah Chong Nongsi.

11. Soi 17 (Petchburi Road Soi.17) didepan “Phantip Plaza”. Di gang (jalanan kecil), seperti sebuah kios rumah makan, Sebaiknya untuk memastikan tanya terlebih dahulu apakah toko ini halal.

12.Daerah Sukhumvit
Restoran Usman, yang berada di samping Hotel Imperial Regency di Soi 22 Sukhumvit (BTS Phrompong , exit 6) . Meskipun tempatnya kecil dan berada di gang kecil, namun nyaman, dan cukup lengkap menu Indonesianya. Dan yang pasti harganya masih terjangkau, kisaran 50 bath.

13.Di Silom
Kedai Huda di foodcourt on Silom Road Soi 36, dekat Silom junction, sekitar 600m dari Shangri La Hotel dan 400m dari Oriental Hotel & Oriental Pier.

Sedikit tips untuk first timer ke Thailand ya.
Sebaiknya jika pesawat kita tiba dimalam hari, pesan saja makanan yang dipesawat, walaupun sedikit mahal tapi lebih efisien waktu dan tenaga. Kemudian sedok garpu plastik yang digunakan untuk makan bawa saja, karena itu benar-benar berguna di saat kita bepergian nanti. Di food court semua counter ada yang halal dan non halal, tapi piring dan sendok yang digunakan bersama, mungkin mencucinya di tempat berbarengan pula. Alhamdulillah saya membawa sendok pastik dapat dari pesawat, atas saran dari Ibu-ibu yang duduk disebelah saya. Kalau rajin bawa tempat minuman kosong juga. Mana tau jika kekenyangan makan, minuman tidak habis, tinggal tuang deh 555555 ibu-ibu banget sih kelakuannya. Berguna juga kalau nemu tap water tinggal diisi deh.

Meskipun kita makan di fast food yang menunya ayam goreng, kita musti hati-hati melihat sertifikasi halalnya. Saya hampir terjebak, ketika masuk Mc Dona*** sudah antri iseng-iseng baca menu tambahan berfikir mungkin ada cita rasa Thainya, ternyata terbaca juga po*k, pelan-pelan keluar dari antrian terus kaburrrr. Kata mahasiswi S2 asal Indonesia yang baru saya kenal di Bangkok, kalau KFC halal ada sertifikatnya. Intinya rajin membaca menu dan bertanya. Saya print tulisan ini, ฉันไม่กินหมู di baca Mai Ao Muu Khaa artinya saya tidak makan babi,(jika yang berbicara wanita akhirannya khaa jika pria Krub). Just in case mereka gak bisa bahasa Inggris, pastinya saya gak bisa bahasa Thai.
Kalau berencana stay lama disana, print yang banyak biar kalau lecek ada gantinya :)
segitu dulu tipsnya semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s