Tape Ketan Hitam

Postingan lama yang gak ada fotonya hehehe.

Bahan:

1/2 kg ketan hitam yang bagus kualitasnya
1 buah ragi yang berbentuk bulat hancurkan jadi tepung
Daun pisang yang banyak, bersihkan
Wadah yang bisa ditutup rapat (saya pakai toples tupperware)
Saringan kawat
Nampan atau Tampah

Cara Membuat:

1. Cuci bersih ketan hitam. Aalasi kukusan dengan daun pisang. Kukus ketan hitam menjadi setengah matang, angkat.
2. Letakkan di dalam baskom yang bolong2  (saringan kawat), siram dengan air mengalir.
3. Kukus kembali ketan hitam sampai matang.
4. Susun daun pisang di atas nampan/tampah.
5. Ketan yang sudah matang diletakkan diatas daun pisang, diamkan selama 1 jam.
IMG_6159
6. Hancurkan ragi dengan cara dimasukkan kedalam plastik lalu dihaluskan dengan ulekan sampai menjadi tepung.
7. Setelah ketan benar-benar dingin, taburi ragi diatasnya dengan menggunakan saringan.
IMG_6162
8. Siapkan wadah yang dapat ditutup rapat, alasi dengan daun pisang.
9. Masukkan ketan kedalam wadah tersebut dengan cara di balik, kemudian tambahkan ragi diatasnya hingga rata (jadi kedua sisi ketan hitam terkena ragi). Lakukan sedikit demi sedikit sampai ketan habis.
10. Tutup dengan daun pisang. Kemudian tutup wadah tersebut. Ikat dengan kain hingga rapat.
11. Tunggu sekitar 3 – 4 hari (sebelum 3 hari jangan di buka ya), buka deh. Siap dimakan.

Tips:

Sebenaranya kalo di bilang tips belom terbukti juga kebenarannya, tapi yah namanya orang tua jadul ada aja tipsnya.

– Bersihkan ketan hitam, hingga tidak ada kerikil kecil2 yang suka tercampur dengan ketan.
– Jangan pernah menyentuh ketan yang sudah matang dengan tangan (musti streril pake alas plastik tangannya)
– Sewaktu membuat jangan dalam kondisi emosional (biasanya gak jadi ato menjadi asam ketannya).
– Tidak boleh dalam kondisi Haid ketika membuatnya.

Boleh percaya boleh tidak, tapi waktu bikin kemarin saya tetap ngobrol ngomel tepatnya karena anak-anak ikut ngerecokin hehehe. Hasilnya jadi manis, empuk cuma airnya kurang banyak. wallahualam.

14 thoughts on “Tape Ketan Hitam

  1. apa tapenya tidak lembek, klo ketannya di masak matang ?

    tlong bimbingannya, coz saya mau praktek bwt tugas akhir smester,,,
    (^_^)

    • Lembek yang bagimana? Kurang mengerti pertanyaannya. Coba saja bikin 2 percobaan, jadi tau membedakannya. Beras ketan ukuran 1 liter di kukus setengah matang, angkat 1/2 bagian. Sisanya dimasak sampai matang. Ikuti tahap-tahap pembuatan tape. nanti juga ketauan mana yang enak dimakan mana yg kurang. Kalau urusan memasak buat saya bukan hal baku. Tergantung selera dan lidah masing-masing. ;) selamat mencoba, #ssstt…nanti yang dikumpulkan yg enak dong :)

  2. Pingback: Tape Ketan Hitam | Layalli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s