Macet di Jakarta dan sekitarnya makin parah.

Kerasa gak sih kalo macet di jakarta makin parah dan bikin setres… ih… jakarta menjadi kota yang tidak bersahabat. Kalo setres bisa sakit, kalo sakit berobat ke dokter mahal tentunya ada pengeluaran ekstra. Dua tahun yang lalu sih masih coba menikmati kemacetan dengan cara dengerin lagu, positif thinking dsb.

Sekarang kita positif thinking orang lain klakson-klakson, mengumpat, mengambil jalan kita…aduh…butuh iman yang tebal agar dapat sabar dan positive thinking. Sebelum semua pengendara berkurang iman dan kesabarannya🙂 lakukan sesuatu….please…..

Ada beberapa alternatif yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah kemacetan yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan inefisiensi dan inefektif (bener gak bahasa indonesianya?).

Alternatif tersebut antara lain:

1. Realokasi perkantoran,pertokoan dan public services.

Sekarang ini trend-nya pagi-pagi buta berbondong-bondong menuju jakarta dari berbagai penjuru seperti tanggerang, bekasi, depok dll. Begitu juga arus baliknya pada sore hari. Dapat dipastikan pada jam-jam tersebut terjadi kemacetan.

Pertokoan di tengah kota seperti mal ambasador, pernah lewat situkan… kalo gak macet ya padat karena keluar masuk kendaraan dan orang-orang yang menyebrang jalan.

2. Perbaiki kondisi kendaraan umum ato perbanyak armada trans jakarta dan feedernya.

3. Perbanyak public services.

Taman yang teduh dan bersih, ada joging track, wifi hmmm. Saat weekend gak perlu jauh-jauh ke puncak ato bogor. Boros kan yah sebulan sekali bolehlah selebihnya ke taman aja ilangin setres sambil olah raga lumayan… FYI gak semua orang punya kendaraan pribadi yang bisa sewaktu-waktu travel ke luar kota. Apa mereka gak butuh hiburan sebagaimana orang yang punya mobil/kendaraan? Mereka harus diperhatikan karena sudah berbaik hati tidak menyumbang asap knalpot di jakarta.

4. Bersama-sama kita hemat BBM dengan cara menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja.

5. Mari jadikan Jakarta sebagai ibukota yang bersahabat untuk semua golongan, bukan hanya golongan yang berduit saja.

6. Apa kabar proyek water way Bang Yos? Selama masyarakat masih buang sampah ke sungai, gak akan berhasil deh… (kecuali di ganti dengan getek.. hihihi )

7. Jangan buang sampah sembarangan apalagi kesungai, kalo banjir gak pandang bulu dimana-mana banjir.

8. When there is a will, there is a way.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s