Sop Buntut Bakar

Sebelum puasa nitip daging dan buntut sapi sama Hera. Alhamdulillah daging di bikin rendang untuk sahur hari pertama. Berbuka hari pertama mau bikin sop buntut bakar ahh. Masalahnya, belom pernah tuh biasanya sih sop buntut aja gak pake acara di bakar segala. Ngarang-ngarang aja deh resepnya liat bahan-bahan yang ada di rumah, hhmm jadi juga…😀 Pelengkapnya bisa di tambahkan emping dan acar.

Sop Buntut Bakar

Bahan:
600 gr Buntut Sapi potong-potong buang lemak yang berlebihan, cuci bersih.
200 gr wortel
200 gr kentang
100 gr kapri
2 batang daun bawang potong serong
2 batang seledri
1 buah tomat ukuran sedang potong-potong
bawang goreng
2 liter air
1 buah jeruk nipis
7 buah cabe rawit

Bumbu Sop haluskan:
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
1/4 biji pala
9-13 butir lada (sesuai selera)
1/2 buah bombay potong-potong
1 cm jahe geprek
2 buah cengkeh
1 buah bunga lawang
gula dan garam sesuai selera

Bumbu rendaman (tergantung apa yang ada dirumah)klo ada BBQ souce:
1 siung bawang putih haluskan
1 sdm kecap manis
1 sdm saos tomat
1 sdm saos cabe
1 sdm minyak wijen

Cara membuat:

1 Sop: didihkan air, masukkan buntut buang busa-busa yang mengapung. Jika ingin cepat empuk masukkan ke panci presto lebih kurang 1/2 jam daging empuk (terhitung sejak panci mendesis). Agar rasa kaldu lebih enak masukkan 2 buah bawang merah geprek, 1 buah bawang putih geprek, dan 2 potong wortel. Tumis bumbu yang di haluskan,bawang bombay,tambahkan jahe geprek, bunga lawang dan cengkeh. Setelah bumbu matang masukkan ke dalam rebusan daging. Masak sampai daging empuk.

2. Setelah daging empuk masukkan berturut-turut wortel, dan kentang. Sebelum api dimatikan masukkan kapri, daun bawang seledri, tomat dan bawang goreng. Matikan api.

3. Bumbu buntut bakar: 1 siung bawang putih haluskan, 1 sdm kecap manis, 1 sdm saos tomat, 1 sdm minyak wijen, 1 sdm saos cabe, cairkan dengan sedikit air. Rendam buntut yang telah matang selama 1/2 jam, kemudian bakar di wajan anti lengket.

4. Haluskan cabe rawit dan garam, kemudian beri jeruk nipis sebagai sambal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s