Sate Ayam Godog

Hari rabu lalu giliran kelompoknya Adiq bikin makan besar di sekolah. Menunya sate ayam. Karena mikirin anak-anak Bunda rela deh bikin sendiri tidak pesan. Sekalian belajar masak juga🙂. Untuk 22 orang kira-kira 3 ekor ayam, lumayan kalau bikin sate yang di bakar, tidak mau repot bikin sate yang digodog aja. Praktis dan gurunya membagikan juga mudah. Jadi ingat zaman kecil di medan suka beli sate godog. Ini dia resepnya. Resep ini untuk ukuran 1 ekor ayam.

26 Oktober 2013
Sudah lama gak bikin sate godok, agak-agak lupa bumbunya. Ngebet resep ternyata kok ya disini saya nulisnya praktis banget, setelah dicoba ternyata banyak yang terlewat, hihihi maafkan. Okey kita revisi dikit ya bahan sekaligus step by step. Kalau pusing liat daftar bumbu gilingnya, beli aja bumbu opor, sama kok cuma ditambah cabe aja. Bismillah.

Ayam Tumis
Ayam Tumis
IMG_1080 copy
Sate Godog setelah ditambah kacang giling dan sedikit kecap.
Sate kelompoknya Adiq, buat anak-anak dibanyakin kecapnya.

Bahan:
1 ekor ayam negeri, di filet potong kotak kecil

Bumbu giling:
7 bawang merah
7 siung bawang putih
1 cm Lengkuas
1 cm Jahe
2 cm kunyit
1 sdk teh Jintan
1 sdk teh Adas
1 sdm munjung ketumbar sangrai
7 buah cabe rawit (sesuai selera)
5 buah cabe merah (sesuai selera)

Bumbu daun:
1 batang Sereh geprek
3 lembar Daun Salam
4 lembar Daun Jeruk

Bumbu kering:
2 buah kapulaga
1 bunga lawang
2 butir cengkeh
kayu manis sedikit

Bumbu kacang:
250 gr kacang tanah goreng, haluskan
2 sdm asam jawa
garam
50 gr gula merah (sesuai selera)
1-2  sdm kecap manis (sesuai selera)
200ml air
Pelengkap: Bawang goreng dan daun seledri cincang 1 sdm.

Cara membuat:
1. Giling bumbu sampai halus, beri garam, lalu tumis hingga matang.
2. Masukkan bumbu daun, dan bumbu kering.
3. Masukkan ayam, tumis hingga ayam matang beri sedikit air agar bumbu tidak gosong.
4. Campur kacang tanah dengan air kekentalannya sesuai selera, beri air asam jawa, gula merah, dan kecap. Cicipi.
5. Masukkan kacang kedalam ayam, masak sampai mendidih, matikan api. Angkat, sajikan dengan taburan bawang goreng dan seledri.

Tips: Untuk kuah kacangnya dibikin agak encer saja, karena setelah dimasak otomatis kuahnya mengental (baru ngeh kemarin hehehe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s