House of Sampoerna @ Surabaya

Sebenarnya semua hal tentang rokok tidak menarik buat saya, boleh dibiang saya anti rokok tapi segala sesuatu yang berbau sejarah, kisah orang-orang sukses sangat saya minati. Ketika diajak sama saudara untuk mengunjungi House of Sampoerna mulanya tak tertarik tapi kemudian why not. berangkatlah kami ke Jl Taman Sampoerna no. 6. Pertama melihat bangunannya wow keren, tempatnya bersih dan penataannya rapi dan apik, maka tourpun dimulai.

House fo Sampoerna dibagi menjadi 3 bagian. Bagian Pertama Museum dan toko, dan tempat pembuatan rokok secara tradisional. Bagian kedua adalah cafe dan galery seni. serta bagian ketiga tempat kediaman keluarga Sampoerna. Hanya kediaman keluarga sampoerna saja yang tidak dibuka untuk umum. Untuk museum dan city tour tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Memasuki ruang museum, aroma tembakau sangat terasa, butuh waktu juga bagi saya untuk menyesuaikan diri didalamnya🙂. Rasa penasaran dan kagum memandangi benda-benda yang dipajang disana membuat bau tembakau itu terlupakan. Gedung ini terdiri dari dua lantai. Kita bisa melihat proses pembuatan rokok secara manual dari lantai atas melalui kaca yang cukup lebar. Pengambilan foto dilarang, diarea ini, tidak hanya melihat tapi bisa ikut bersama perkerja wanita untuk melinting rokok 234 asik kan. Buka dari senin-sabtu sampai jam 3 siang, kecuali libur idul fitri.
Lokasi penjualan souvenir pun di lantai 2.

House of Sampoerna juga menyediakan Bus untuk city tour ke kota tua Surabaya bagian Utara. Napak tilas sejarah kota Surabaya.
Ini sebaigian foto-foto yang terselamatkan setelah komputer mengalami crash.

Meuseum House of Sampoerna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s