UTS dan UAS

Ibu-ibu zaman sekarang kalau putra putrinya sedang menempuh ujian, pada ikutan setres termasuk saya sendiri. Problemnya sama, anak susah diajak belajar, lagi belajar meraut pensillah, ngemil dululah yang membuat waktu jadi terbuang😀
Anak sekarang paling bisa deh akalnya. Kadang menguras emosi juga karena anak saya kalau tidak ada ulangan atau ujian dia tidak belajar hanya mengerjakan PR kalau ada. Gimana gak Ibunya ketar ketir.
padahal sih hasilnya gak jauh dari 8 dan 9 cuma sebagai manusia kadang kurang puas. Pernah coba kasi reward waktu dia kelas satu dan dua,kalau dapat 100 maka dikasi Rp.5000. Lama-lama jadi takut nanti kesininya dia akan fokus pada uang, kalau gak ada uang gak jalan. Maka digantilah rewardnya menjadi kalau nilai diatas 80 maka boleh berenang atau jalan-jalan. Ah berapapun hasilnya kalau dia sudah berusaha disyukuri saja, karena bagi kami yang penting anak jujur dan hasil kerjanya sendiri.

Alhamdulillahnya saya selalu ingat pesan dosen saya dulu kalau kesuksesan seseorang tidak di tentukan oleh IQ tapi etika dan kemampuan EQ dia. Malah dosen saya sempat bercanda, paling yang IPK-nya 3-4 ujung-ujungnya jadi guru atau dosen. IPK 2,5 sampai 3 lebih sedikit itu yang biasanya jadi pengusaha, pencipta lapangan kerja bagi orang banyak🙂.

Sering juga membaca artikel-artikel psikolog anak, hmm jadi ingat lagi untuk tidak terlalu memaksakan anak. Ingat juga zaman SD dulu Bundanya gak pernah belajar dan tidak mengerti bagaimana cara belajar😀. Tetap semangat dan sabar ya Ibu-ibu jangan dijadikan moment belajar menjadi sesuatu yang menyengsarakan buat anak. Fighting!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s