Pepes Ikan Mas

Makanan favorite saya, kata orang sih bikinnya ribet, tapi sebenarnya tidak kok. Malah praktis sekali mepes semua dimasukin, pepes tahu, pepes oncom biar gak rugi gas🙂 dan besoknya gak usah masak lagi deh😀
Ibu-ibu di komplek rumah alhamdulillah kesadarannya akan lingkungan tinggi banget. Jadi setiap lahan sisa yang disediakan developer ditanami tanaman yang bermanfaat, dapur hidup, apotik hidup. Jadi mau masak apa aja lengkap, daun pandan, sereh, daun salam, daun kunyit dan saya menanam jeruk purut yang daunnya bisa dimanfaatkan. Tak pernah pusing mau masak rica-rica, pepes dan masakan Indonesia yang memerlukan daun-daun lainnya. Alhamdulillah.

Kita mulai saja memasaknya yuk.

Pepes Ikan Mas

Bahan:
1 kg ikan mas isi 3
*bersihkan sisik, isi perut dan insang, cuci lumuri dengan air jeruk nipis dan garam.
Daun pisang
Lidi atau tali untuk membungkus

Bumbu daun:
6 lembar daun salam sobek dua (agar harumnya keluar)
6 lembar daun jeruk muda buang tulang daun iris tipis, kalau tidak ada yg muda pakai yang ada saja, jangan diiris
3 batang serai potong menyerong
6 iris lengkuas
2 batang daun bawang
1 buah tomat iris
1 lembar daun kunyit iris *jika ada
Daun kemangi
Cabe rawit jika suka

Bumbu halus:
14 buah bawang merah
8 siung bawang putih
6-8 buah cabe merah
4 butir kemiri
1/2 cm jahe ( boleh ditambah pada dasarnya sayang kurang suka jahe :p)
3 cm kunyit
garam dan sedikit gula

Cara membuat:
* cuci bersih ikan yang telah dilumuri jeruk nipis dan garam, campur dengan semua bumbu halus, masukkan juga ke bagian dalam perut ikan.
* siapkan daun pisang, letakkan bumbu daun, ikan, masukkan bumbu daun sebagian kedalam perut ikan, bungkus semat dengan lidi atau tusuk gigi.
* lakukan hal yang sama terhadap 2 ikan lainnya.
* kukus kira-kira 1,5 jam, angkat dan bakar diatas teflon sampai daun hangus.

Note:
1. Anak-anak tidak suka terlalu pedas maka saya masukkan cabe rawit utuh agar orang tua bisa makan pedas.
2. Jika lagi malas masak biasanya didalam pepes saya tambahkan daun singkong, dengan konsekuensi bumbunya ditambahkan.
3. Sambil mepes ikan sekalian mepes tahu dan oncom biar gak rugi gas *emak-emak banget gak sih :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s