Musti diperhatikan agar badan fit selama bepergian

Uuugghhh senangnya kalau bisa keluar dari rutinitas dan pergi liburan. Apalagi bisa travel ke luar kota atau keluar negeri. Cuma jangan sampai persiapan liburan terganggu karena badan kurang fit. Disini saya coba berbagi beberapa tips agar disaat liburan badan menjadi fit.

1. Ketahuilah mekanisme tubuh kita sendiri. Pasti pernah dong merasa capek tapi tetap dipaksakan beraktifitas bukannya tidur. Besoknya tepar deh atau minimal gejala flu. Jika badan terasa capek jangan dipaska, tidurlah, tidur adalah istirahat terbaik.

2. Seminggu sebelum bepergian biasakan minum vitamin biar badan fit. Sehari sebelum pergi urusan packing sudah selesai, tinggal leyeh-leyeh aja santai ngumpulin tenaga. Tapi jika ingin bepergian keluar negeri yang dibutuhkan banyak berjalan kaki, maka sebaiknya setiap pagi usahakan jalan deh 30 menit saja, agar terbiasa.

3. Hari H jangan lupa bawa bekal vitamin, obat demam, obat sakit perut (takut salah makan) gak minta sakit sih cuma jaga-jaga saja. Madu sasetan, teman saya bawa jamu tolak angin dan balsem/minyak tawon/koyo buat kaki pegel-pegel😀

4. Bawa tissue basah, tissue, hand sanitizer, dan alat kebersihat lainnya. Untuk daerah-daerah tertentu seperti seputaran kuta square,dan diluar negeri toiletnya kering. Jadi perlu banget bawa perlatan seperti itu.

5. Jangan pernah menahan pipis hanya karena toiletnya kurang bersih, fatal banget akibatnya. Saya pernah kejadian nahan pipis dari Kintamani sampai Ubud gak ketemu POM bensin, hasilnya infeksi saluran kemih, anyeng-anyengan bahasa gaulnya. Hiks bener-bener tersiksa banget deh. Sebenarnya sempat numpang dirumah penduduk di Gianyar, tapi begitu mau masuk toiletnya dihadang anjing, maka urunglah niat buang air kecil takuuuttt :p jadi pipis aja dan jangan lupa bawa peralatan tadi minimal tissue basah.

6. Jika kita mencoba menu baru di suatu daerah dan setelah dicoba ternyata terlalu pedas atau terlalu asam, sebaiknya jangan diteruskan bagaimanapun nikmatnya, untuk mencegah sakit perut. Tapi sekali lagi jika sudah mengenal tubuh dengan baik, tau gak akan ada efeknya, lanjuuut habisin😀 .

7. Konsumsi air putih sesering mungkin, walau banyak godaan berbagai jenis minuma manis didepan mata, pilihan air mineral cukup bijaksana. Sulit kalau sakit di negara orang. Kalau saya biasanya ditambah konsumsi UHT minimal sehari sekali, beli saja dikota tujuan.

8. Untuk mencegah kita tidak nyaman tidur di tempat baru, istilahnya home sick, bawa sarung bantal atau alas tidur sendiri saya suka bawa kain pantai, banyak fungsinya. Manfaat lainnya adalah kebersihan sudah terjamin, mencegah kutu busuk yang ada dikasur, hello kita gak tau siapa saja yang pakai kasur itukan. Pakai piyama lengan panjang dan celana panjang juga ya.

9. Sususun Itinerary secermat mungkin, sehingga objek wisata yang berdekatan bisa sekalian disambangi dalam satu hari. Untuk hari pertama usahakan jangan terlalu jauh dan padat jadwalnya persiapan tenanga untuk esok hari. Apabila ada kesempatan untuk tidur maka tidurlah.

10. Untuk daerah tujuan wisatanya bisa belanja-belanja usahakan membawa baju seminimal mungkin dan mebawa koper besar. Jadi kalau kalap belanja, masih ada tempat dan tidak kelebihan bagasi. Capek banget kalau musti geret-geret tas, atau manggul ransel berat di bandara. Saya pribadi sih insting salesnya kuat banget, biasanya belanja buat dijual lagi lumayan untuk nutupin biaya oleh-oleh🙂

11. Semua persiapan sudah, jangan pernah lupa berdoa semoga perjalanan dimudahkan tidak ada suatu hambatan, selamat sampai tujuan dan kembalinya.aamiin.

…and you’re ready to go. Have a nice trip.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s