Perlengkapan #Umrah 3

Untuk perlengkapan Umrah mudah saja, jika tidak tau tinggal mendatangi toko penjual perlengkapan haji/umrah, maka selesai sudah tinggal diborong. Tapi namanya pedagang maka ada beberapa barang yang tidak krusial dijual juga. Misal tali pinggang ala betawi buat kain ihram, itu malah riskan karena waktu sujud suka terbuka sendiri, lebih baik memakai tali pinggang biasa. Ini berdasarkan pengalaman teman satu group. Ok maka saya coba bantu share ya semoga bermanfaat. Pakaian Ihram untuk laki-laki # 2 helai kain ihrom tidak berjahit, disunahkan berwarna putih. That’s it.
Selebihnya hanya perlengkapan pendukung seperti ikat pinggang agar tidak melorot kainnya. Tidak boleh memakai penutup kepala apapun bentuknya.
1. Tas selempang untuk membawa sandal. Sandal bisa dititip tapi akan menyulitkan pada saat mengambil, sudah tidak pada tempatnya.
2. Baju koko, kaos, celana panjang, disesuaikan kebiasaan dan kebutuhan.
3. Sarung dan sajadah tipis.
4. Kaca mata hitam
5. Masker dari kain, selain pencegah debu berfungsi juga sebagai penahan hawa dingin.
6. Sandal
7. Buku saku petunjuk shalat lengkap
8. Hanger

Pakaian Ihram untuk perempuan:
# Pakaian Ihram untuk wanita muslimah, dengan syarat menutup aurat, tidak membentuk tubuh, dan tidak transparan/membayang. Warna apa saja boleh tidak musti putih, karena putih itu yang rawan transparan. Saya lebih aman pakai warna hitam. Kalau memang masih ada waktu sebaiknya bikin sendiri dengan size lebih besar agar aman. Menurut pembimbing manasik saya, pakaian ihram yang dijual biasanya kurang memenuhi ketiga syarat di atas.

Warna kuning
ولبست عائشة رضى الله تعالى عنها الثياب المعصفرة وهي محرمة
”Aisyah radliyallaahu ’anhaa memakai pakaian yang berwarna kuning ketika sedang ihram” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari secara mu’allaq yang kemudian di-maushul-kan oleh Sa’iid bin Manshuur dengan sanad shahih; lihat Mukhtashar Shahih Al-Bukhari 1/457 oleh Al-Albani. Hal yang serupa juga diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf, Kitaabul-Libaas waz-Ziinah 8/372 dengan sanad shahih].

Juga istri nabi yang lain ada yang memakai warna coklat, maaf kemarin penjelasan ustad Hanif gak dicatat, agak menyesal padahal penting.

Selebihnya hanya tambahan saja, adapun tambahan yang menurut saya penting sebagai berikut:
1. Sepatu yang menyerupai kaos kaki. Ini bermanfaat sekali dapat membantu menghangatkan kaki.
2. Sarung tangan yang telapaknya bolong, untuk shalat pengganti mukena.
3. Mukena, cukup membantu menghangatkan bila udara dingin biasanya untuk yang Umrah di bulan Desember-Maret suhu udara masih dingin. Hanya jamaah dari Indonesia dan Malaysia yang memakai mukena ketika shalat, sehingga mudah dikenali.
4. Kaca mata hitam, karena panasnya cukup terik menyilaukan mata, juga penahan apabila angin kencang debu berterbangan, ini yang kami alami, bahkan pasirnya sampai masuk mulut. Minimal menambah variasi gaya jika difoto😛.
5. Payung, bisa dibawa bisa juga tidak.
6. Kaos kaki minimal 4 pasang agar selalu bersih pada waktu shalat.
7. Petroleum Jelly merk Vaseline beli disana saja harga kisaran 6-15 riyal tergantung ukuran. Karena cream itu yang paling ampuh mengatasi kulit kering dan pecah-pecah, bisa juga untuk bibir. Liat-liat merk ya, banyak merk lain yang dilihat sekilas hampir sama.
8. Diterjen bubuk jika ingin mencuci pakaian. Disana juga banyak cuma lebih hemat klo bawa dari sini🙂
9. Botol minuman untuk mengisi air zam zam dibawa ke hotel.
10. Perlengkapan pribadi wanita pada umumnya, panty liner, pembalut.
11. Untuk jumlah baju bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang bawa baju sedikit biar bisa bawa oleh-oleh banyak, ada yang malas mencuci sehingga membawa baju banyak. Disesuaikan saja.
12. Kalau saya pribadi wajib bawa ransel ukuran sedang, gak keren memang tapi biar muat segala-galanya dari mulai kaca mata, mukena, notes, kamera, botol air, payung, dan sandal. Praktis kan tawaf pakai tas ransel😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s