Oleh-oleh Khas dari Indonesia

Indonesia itu kaya banget dengan ragam kuliner. Disetiap daerah satu makanan yang judulnya sama tapi memiliki citra rasa tersendiri. Contohnya soto, di Jakrta pakai santan, di Jawa Timur lain, di Kalimantan lain dan lain sebagainya. Urusan oleh-oleh juga gak bisa ditinggalkan, setiap berkunjung ke daerah rugi kalau tidak mencicipi oleh-olehnya. Ini saya rangkum sedikit yang kebetulan saya ingat dan pernah cicipi.

Aceh
Sering dibawakan kopi dari Aceh, tapi saya gak kuat minum, kopinya strong banget, cukup sekali saja:) Kalau untuk pecinta kopi pasti suka kopi aceh. Juga banyak kerajinan tangan berupa sepatu dan tas khas Aceh.
IMG_0518

Sumatera Utara
Sumatera Utara surganya makanan, apa aja enak, bahkan yang gerobak. Kalau oleh-oleh biasanya bika ambon, bolu gulung, srikaya, kopi, manisan jambu, aneka sirop yang asli, terasi dll. Kelebihan oleh-oleh dari Medan dan sekitarnya adalah jarang menggunakan bahan pengawet. Rasanya fresh tapi kekurangannya tidak tahan lama musti segera dikonsumsi.

Sirup dan Srikaya Home Made
Sirup dan Srikaya Home Made

Sumatera Selatan
Palembang, pempek, aneka kerupuk ikan, kue khas palembang, dll

Pekan Baru, Dumai
Keripik singkong, teman bilang keripik singkong Dumai paling enak sedunia😀 aku kemarin gak sempat mampir karena masih pagi toko-toko belum buka. Dipekan baru sempat coba keripik singkong di pasar bawah, memang enak. Ikan salai juga sering dijadikan oleh-oleh.

Sumatera Barat
Aneka keripik enak-enak disini, rasanya juga kaya bumbu. Salah satunya favorite saya keripik sanjai 4×7 merknya rasanya seger manis, asem, pedas enak. Cuma kalau mau yang asli musti beli ditempatnya. Paling terkenal merk cristine hakim penuh selalu kalau belanja disini, bahkan keripik masih hangat sudah dikemas, dijamin fresh. Tapi saya paling suka merk 4×7 rasanya seger manis, asem, pedas lokasinya di jalan nipah.

Pusat oleh-oleh di Jl. Nipah, Padang
Pusat oleh-oleh di Jl. Nipah, Padang
IMG_1518
Kripik Pisang

Lampung
Keripik pisang aneka rasa, paling suka rasa keju dan original, cuma sekarang yang lagi booming rasa coklat.

Jakarta
Oleh-oleh dari Jakarta sangat membingungkan, semua ada di Jakarta tapi oleh-oleh khas Jakarta hmmm saya pikir-pikir dulu ya🙂.

IMG_1752copy
Bandung

Bandung
Di Bandung kuliner mantaps, apalagi olahan mie, juga banyak oleh-oleh enak, diantaranya, brownies kukus, keripik maicih yang terkenal itu tapi saya gak gitu suka, keripik tempe, oncom, sale pisang, dodol, saya suka roti isi keju dan pisang Kartika Sari. Tape singkong juga sering beli, tapenya manis enak deh.

Garut
Aneka olahan Dodol, coklat asli garut, rengginang, renggining dan kerupuk. Bingung ya ada rengginang ada renggining. Membedakannya dari bahannya, rengginang terbuat dari beras ketan, kalau renggining dari singkong, modelnya sama tapi rasanya beda.

 

IMG_1515copy
Solo

Jawa Tengah
Jogja, bakpia, coklat monggo, banyak lagi sih cuma saya jarang beli, seringnya beli itu saja🙂
Solo. Aneka keripik enak-enak di Solo, yang saya suka serundeng khas Solo rasa pedas dan Abon.

Semarang, lumpia semarang, bandeng presto, bakso tahu, abon.

Demak, jambu air Delima, manis dan kering, intip kalau sempat makan mie godog, enak.

Kudus, Jenang, kurang suka yang manis-manis tapi jenang Kudus bisa dipertimbangkan.

IMG_1516copy
Surabaya

Jawa Timur
Surabaya
Saya suka kota ini terlebih lagi setelah dipimpin Bu Risma. Surabaya jadi lebih teratur, banyak tamannya asri deh. Kulinernya juga enak-enak, saya suka kepiting cak gundul di Pandaan. Oleh-oleh dari Surabaya yang selalu ngangenin adalah teng-teng kacang mente, enak buanget, harganya lumayan mahal tapi sebanding dengan rasanya. Dua tahun lalu sekitar Rp.26.000 sebungkus.
Sempat kasus juga waktu nitip makanan ini sama suami waktu dia tugas ke Surabaya. Saya bilang teng-teng kacang Mede, dicari gak ketemu-ketemu, nemunya teng-teng kacang Mente hihihi.

Sidoarjo, Bandeng asap.
Gersik, otak-otak Bandeng, enaknya pol duh nulisnya sambil ngences. Oleh-oleh ini tidak tahan lama cuma 2 hari. Di Sidoarjo kalau mau beli oleh-oleh ada sebuah toko namanya Tanjung, lengkap disana pusat oleh-oleh dari Jawa Timur dan sekitarnya. Tapi hati-hati membaca kemasan karena mereka juga menjual yang non halal.
IMG_3524

Blitar, bumbu pecel dan kripik pisang, rasanya beda enak pokoknya🙂

Madura, rengginang lorjuk, kacang lorjuk, petis, dan aneka keripik. Batik tulis Madura warnanya cerah. Kalau ke Madura jangan lupa cobain bubur Madura, komplit buburnya enak (y)
IMG_1343

Malang, paling enak keripik tempenya, selain itu keripik telo, keripik buah-buahan aku gak pernah suka karena menurutku rasanya menjadi aneh. Ternyata ada salah satu merk keripik apel yang rasanya enak buatan Batu. Merknya “Bali”.

Bali
Pai susu, kacang goreng, pia legong, salak bali rasanya manis sepet, agak garing, saya suka salak Bali. Di bali semua jadi komoditi beli aja yang lagi happening.

Sebenarnya masih banyak lagi oleh-oleh yang saya suka dibawain cuma karena bukan saya yang pergi males aja mengulasnya😛 beberapa diantaranya yang saya suka:
Pontianak
Dibelikan kerupuk udang yang ada butiran ladanya rasanya pedas-pedas hangat dileher🙂 Sama dibawain segala macam obat tradisional Cina,.

Balikpapan
Kuku macan, sama olahan kepiting bakau, salah satunya kepiting saus tiram huaa enaak buangeettt. Segala jenis asesoris dari batu-batuan.

Makasar
Otak-otak ikan enak banget, sama minyak tawon (gak bisa dimakan loh ya). Abon sapinya juga maknyus berasa dagingnya.

NTB
Permen rumput laut saya suka sekali rasanya tidak terlalu manis, kenyal enak deh. Madu juga terkenal dari NTB cuma kok madunya rada encer ya, kurang paham juga. Asesoris dari mutiara, cantik.
Someday aku harus ke Lombok, aamiin.

Ternate, kue kenari makaron, enak kenarinya berasa banget, sama minyak kayu putih (sekali lagi jangan diminum :p )

Semoga bisa jalan-jalan lebih jauh dan jajan lebih banyak lagi ya🙂.Aamiin.

One thought on “Oleh-oleh Khas dari Indonesia

  1. Pingback: Oleh Oleh Khas Padang Yang Enak - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s