Jakarta

Hhhmm kalau dengar kata Jakarta orang dari daerah pasti identiknya dengan, MACET. Bener apa benar? Setelah macet maka banjir. Bahkan Abah saya setiap melihat berita banjir di TV meskipun jelas-jelas jauh dari rumah saya, pasti menelpon gimana rumah? Banjir gak?😀

Saya yang sudah dari kelas 3 SD tinggal di Jakarta masih suka bingung untuk mengajak saudara atau teman yang berkunjung, mau diajak kemana? Ke Mall? Saya ke Mall jika ada sesuatu yang ingin di beli atau nonton film, ke pantai? Ancol airnya butek oh Jakarta. Biasanya kalau mentok, langsung cuss ke Bandung banyak tempat asik, juga kulinernya. Cuma mungkin saya melihat Jakarta biasa-biasa saja karena memang tinggal disini, besar diseputaran Jakarta dan Bekasi jadi gak aneh lagi liat gedung bertingkat, monas dan sebagainya. Ingat beberapa tahun lalu saya ke kantor naik bus kota, didalam bus ada anak usia kira-kira 3 tahun bersama Ibunya. Begitu bus melintasi Monas, anak tersebut menjerit. Anak:”Maaaak iku Monas yo …Maaakkk iku Monas….” dengan aksen Jawa yang kental.  Sang Ibu sedikit malu dan mencoba menenangkan anaknya. Otomatis sekuat tenaga saya menahan senyum, oh ternyata sebegitu menariknya Monas bagi seorang anak kecil.

Belakangan saya mencoba melihat Jakarta dari sudut pandang orang daerah luar Jakarta, melihat dari sisi positifnya. Bagaimana caranya agar Jakarta tidak identik dengan macet dan Banjir saja. Mulailah saya bikin riset kecil-kecilan dimulai dari saudara yang suka berkunjung kerumah. Rata-rata mereka kepingin diajak ke:

1. TMII
2. Monas
3. Ancol
4. Istiqlal
5. PRJ
6. Cobain kuliner di Jakarta.
7. Tanah Abang

Akan saya coba review satu-satu ya.
1. Taman Mini Indonesia Indah
Mendengar TMII yang pertama terlintas dikepala saya adalah kereta gantung. Yup kereta gantung pertama kali kalau tidak salah ya di Taman Mini. Gak afdol rasanya jika ke TMII tidak naik kereta gantung. Tarif naik kereta gantung perorang adalah Rp.30.000,- lumayan dari atas bisa melihat Taman Mini secara keseluruhan.

IMG_2812

Ditaman mini juga ada taman burung, dan sudah tidak terhitung berapa kali saya masuk taman burung dari SD demi mengantar saudara. Burungnya dikurung di dalam kubah raksasa jadi mereka bebas terbang. Kalau tidak salah kubahnya ada 3 buah. Diantara kubah tersebut terdapat kolam ikan berisi ikan Mas. Disitu juga ada pedagang makanan dan minuman ringan juga pelet buat ikan mas. Selain ikan dikolam juga terdapat Angsa putih dan hitam.

Taman Burung
Taman Burung

Banyak museum disini ada museum olah raga, transportasi, Iptek, komodo dan lain sebagianya.
Anak saya paling suka ke museum Iptek disana banyak alat peraga buat anak SD mereka lebih tertarik karena teori sudah dipelajari disekolah, tapi untuk anak Balita kurang tepat kesini. Lebih cocok ke museum ikan air tawar.
Teather keong mas, dan yang terbaru balon udara, tapi saya belum coba karena kurang tertarik, balonnya gak terbang tapi di ikat🙂 nanti aja nyoba di Turkey aamiin.

Di TMII juga bisa sewa sepeda untuk keliling-keliling hanya Rp. 15.000,- ada juga sepeda tandem, dan sepeda listrik kisaran harga Rp. 20.000-25.000,- untuk pemakaian 25-30 menit.

IMG_2821 IMG_2802
Ada kolam renang snow bay yang cukup besar, tadinya itu kolam renang lama namanya Tirta apa gitu (info kok gak akurat :p) kemudian dipercantik dan ganti nama jadi Snow Bay.

Ada juga istana anak tiket masuknya Rp. 12.000,- didalam istana ada kolam renangnya sedengkul orang dewasa.
Dan tidak lupa tentunya foto-foto cantik di anjungan-anjungan dari Aceh sampai Papua.
Overall TMII recommended. Biaya masuk TMII Rp. 10.000,-.

4 thoughts on “Jakarta

  1. ke TMII baru seru kalo bawa anak2…mudah-mudahan ada waktu bisa kesana… kalo saya pribadi pengen ke kepulauan 1000… sayangnya sejak pindah ke Pare-pare, nyaris gak pernah dipanggil dinas ke Jakarta…hikss…maksudnya selain tiketnya gratis, ada jeda waktu yang bisa dimanfaatin untuk menghabiskan waktu disana….

    1. Iya anak-anak paling suka ke museum iptek. Pulau seribu aku baru ke 3 pulau aja, Ayer (muahal semua fasilitasnya🙂 ) tapi seru mbak. Selain itu pulau untung jawa dan pulau rambut. Ayo mbak ke Jakarta… nginep dirumah.

Leave a Reply

