Monas

Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan Monas, mulai dibangun sejak Agustus 1959 kemudian diresmikan pada tahun 1961. Didalam Tugu Monas juga terdapat museum dan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Pada hari Sabtu dan Minggu suasana Monas lebih ramai dari biasanya, meskipun didalam lingkungan monas tidak diperbolehkan berdagang, tapi hari itu banyak tukang dagang. Membuat Monas terlihat kumuh dan tidak nyaman untuk tempat bersantai. Banyaknya pegunjung dari berbagai daerah dengan berbagai karakter dan kebiasaan membuat sampah berserakan, meskipun tempat sampah tersedia. Dari mulai pedagang baju, souvenir, makanan, minuman sampai penyewaan sepeda dan motor untuk anak-anak ada. Mencuri dengar dari pedagang disitu mereka bilang tergantung petugas jaganya. Ada yang memperbolehkan dagang ada yang tidak, tentunya dengan sedikit uang tip ya.

Peraturan @Monas
Peraturan @Monas

Disitu anak-anak bermain layangan, menyewa motor Rp.25.000,- untuk 15 menit dan naik mobil gratis mengelilingi Monas. Tidak masuk museum dan tidak naik keatas Monas karena sudah pernah dan sering juga mengajak saudara-saudara yang kebetulan berkunjung. Buat anak-anak, menemukan ruang terbuka luas adalah surga, mereka dapat bebas berlari kesan-kemari.

Ada toilet dan mushola disitu,  sebagian akar pohon tanpak menyembul sehingga merusak pelataran bangunan, ada jemuran baju bergantungan, besi-besi bekas pakai teronggok seadanya, cat sudah memudar dan karpetnya sangat berdebu dan tua, membuat enggan sholat disitu, sayang sekali. Bisa dibilang Monas itu bukan hanya icon Jakarta tapi juga icon negara. Banyak teman yang merasa gak afdol kalau ke Jakarta tapi gak foto-foto di Monas. Begitu juga adik ipar yang berasal dari Italy, cukup kagum dengan gedung pencakar langit di Jakarta. Dia bilang di Italy tidak ada. Dia juga ingin ke Monas. Bisa disejajarkan Monas dengan Eifel Prancis atau menara Pisa Italy.

Letak Monas yang berdekatan dengan kantor gubernur, bahkan lahan parkirnya sering digunakan untuk pakir pegawai DKI sangat disayangkan fasilitas pendukung Monas luput dari perhatian. Untuk pedagang asongan memang on and off razianya, hari ini dirazia besok kembali lagi begitu seterusnya.

IMG_2739

Disisi lain kita bisa melihat berbagai macam acara kreatif yang sering di gelar di Monas, cukup menarik. Pada akhir pekan ada air mancur menari, yang sampai sekarang saya belum pernah lihat😥. Selalu saja ada kendalanya, misalnya hujan, air mancur tidak dihidupkan pada waktu hujan. Menjelang dibukanya Pekan Raya Jakarta yang semuanya serba dikomersilkan, Monas juga menyediakan Pekan Raya Rakyat yang biaya masuknya Gratis. Monas selalu menjadi alternatif hiburan murah meriah bagi warga, pun untuk sekedar duduk santai melepas penat.

 

Naik mobil Gratis
Naik mobil Gratis

Barusan membaca artikel tentang ide wakil Gubernur akan mengenakan biaya masuk Monas, saya kurang setuju, semakin sedikit saja ruang terbuka Gratis bagi warga, kita lihat nanti apa efeknya lebih baik atau sebaliknya. Semoga kedepannya lebih baik lagi, dan sangat menanti perbaikan fasilitas pendukungnya, malu dong icon Negara kumuh.

IMG_2728

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s