Masjid Muhammad Cheng Ho

IMG_3766Beberapa tahun yang lalu, kami sempat berkunjung ke Masjid Cheng Ho yang berada di Surabaya. Liburan kali ini secara tidak sengaja pulang dari Malang menuju Gedangan, tiba-tiba ada iringan pejabat konvoi. Gak mau rugi kita ikutan konvoi dong, alhamdulillah Malang-Pandaan ditempuh dalam waktu 20 menit saja. Dikarenakan belum ashar kami mampir ke Masjid Muhammad Cheng Ho di Pandaan. Lokasinya bersebelahan dengan kepiting Cak Gundul.

Untuk yang belum mengenal siapa Cheng Ho, dia adalah seorang muslim berasal dari Tiongkok, salah satu orang kepercayaan Kaisar Yongle, kaisar ketiga dari dinasti Ming. Masih gak kenal juga? Sama dong, kalau gitu untuk lebih jelasnya browsing aja yah.🙂
Saya kurang paham dengan arsitekturnya jadi saya hanya bisa membahas dari kacamata awam hehehe. Dominasi warna merah, mimbarnya terbuat dari batu, kurang paham juga batu apa seperti batu yang sering digunakan untuk piala*makin gak jelas. Begitu juga dengan tiang penyangga masjidnya. Kalau yang di Surabaya bentuk masjidnya terbuka, untuk yang di Pandaan lebih tertutup dan terdiri dari 2 lantai. Lantai satu untuk ruang serbaguna, lantai dua digunakan untuk tempat sholat. Masjid ini baru saja diresmikan, masih kinclong, kesan saya hanya satu kata, unik.
Selama ini kita melihat klenteng berbentuk seperti itu, sekarang masjid. Waktu yang cukup mepet membuat kami tidak berlama-lama di masjid ini. Perbedaan masjid Muhammad Ceng Ho Malang dengan Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya adalah di Surabaya ukuran masjidnya lebih kecil dan bentuknya lebih terbuka seperti beranda, dan dihalamannya terdapat miniatur kapal. Lebih jelasnya bisa lihat di foto-fotonya.

IMG_3759

Maaf saudara-saudara ternyata foto Masjid Cheng Ho Surabaya hilang, mungkin sewaktu laptop mengalami crash. Jadi nanti ke Surabaya lagi aja deh ya😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s