Risoles

IMG_4218copy
Belum pernah sama sekali bikin risol atau risoles, alasannya sederhana, saya kurang telaten. Lebih suka bikin cake tinggal kocok, tuang, panggang, jadi. Kalau bikin risoles tahapannya banyak. Pernah sih beberapa kali bikin lumpia yang isinya sayuran, waktu Abang kecil suka makan itu. Kalau lumpia kulitnya ada yang jual jadi tidak terlalu repot. Cuma beberapa waktu lalu liat postingan Mbak Dewi di Penyukajalanjalan disitu katanya risoles ini kue yang bikinnya gak perlu pakai timbangan atau takaran. Cuma dikira-kira aja. Wah tag line nya mirip saya nih, suka keluar dari pakem klo bikin kue, gampang ini *kesimpulan sendiri.

Saya cobalah resep Mbak Dewi cuma beda takaran, karena Mbak Dewi bilang gak usah pakai takaran jadilah saya ayamnya separuh dada ayam yg gede kurang paham berapa gram. Tepungnya pakai tepung terigu karena gak punya tepung kanji. Saya tambahin dengan bombay cincang dan keju parut. Itu bahan kebetulan ada dirumah. Biasanya sebagai pengganti penyedapnya, saya pakai ebi tapi kali ini gak pakai karena pakai susu, takut gak cocok. Penyedap rasa gak punya jadi putar otak pakai keju deh. Hasilnya isiannya seperti rasa makaroni panggang tanpa makaroni. hihihi

Ini agak keluar jalur sih ngarangnya, tapi pada suka sama adonan isi. Malah dimakan begitu saja. Kesalahan saya setelah selesai bikin adonan isi, magribpun tiba, jadi tertunda sebentar dan mendekati makan malam jadi ribet deh tuh nyiapin barengan sama menyiapkan lauk makan malam. Akhirnya berpatokan pada kalimat Mbak dewi gak perlu ditakar saya ngarang aja bikin adonan kulitnya gak sempat bolak balik liat resep. Ternyata kalau namanya perdana jangan coba-coba deh kudu ikut peraturan, kalau udah jago boleh deh improve.

Hasilnya kulitnya jadi tapi tidak lentur jadi ada beberapa yang patah, terus capek kan bikin kulit, jadi itu risoles saya bikin ukuran jumbo biar isian cepat habis. Dan ini sungguh ide yang buruk, hasilnya risoles wanna be, bentuk gak karuan hihihi. Entah menghibur apa memang doyan kata adikku gak apa-apa bentuk jelek, rasanya enak kok, dia serius karena dibawa pulang. Syauqie juga bilang enak, kalau saya hhmmm saya hhmmm kapok bikin risoles cauapek. Mending besok-besok pesan aja sama Mama Adit. Gagal deh saya bikin risoles buat arisan. Takut gak disentuh ibu-ibu karena penampakannya gak jelas😀

the truth about my risoles :D
the truth about my risoles😀

Bahan isi:

2 buah Wortel ukuran besar dipotong dadu
1 buah kentang ukuran kecil dipotong dadu
1/2 bagian dada ayam cincang
3 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang cincang kasar
Merica sedikit berasa biar tidak eneg karena pakai susu
Garam dan gula sesuai selera
1 batang daun seledri rajang
2 batang daun bawang rajang
Biji Pala, sedikit, haluskan
200 ml susu cair
3 sdm tepung terigu (lebih kurang ya)
Sedikit keju parut
2 sdm margarine

Cara membuat:
* Rebus sebentar wortel dan kentang, tiriskan.
* Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dengan margarin.
* Masukkan danging ayam masak sampai ayam matang kalau perlu tambahkan sedikit air.
* Masukkan wortel, kentang, garam gula, pala, dan merica, masak hingga bahan matang, tambahkan terigu dan masukkan susu sedikit demi sedikit.
* Terakhir masukkan keju, irisan daun bawang dan seledri, cicipi. Setelah kental matikan api, dinginkan.

Bahan Kulit:
Tepung terigu *gak diukur berapa gram
2 butir telur
50 ml susu cair
Air secukupnya sesuai kekentalannya
sedikit garam

2 butir telur kocok untuk membalut risoles dan tepung roti sebagai pelapis terakhir.

Cara membuat:
* Kocok lepas telur, campur semua bahan aduk menggunakan tangan hingga terigu tidak berbulir. Apabila masih belum tercampur sempurna, saring adonan dengan saringan kawat, beri garam sedikit saja.
* Buat dadar dengan menggunakan wajan datar anti lengket kalau tidak salah punya saya 20 cm diameternya. Tuang sesendok sup adonan kedalam panci anti lengket, kemudian putar-putar sehingga membentuk dadar yang tipis.

Selesai membuat kulit kini tiba saatnya mengisi kulit dengan adonan isi, selamat mencoba. Untuk bentuk yang lebih indah sebaiknya liat youtube gimana cara melipatnya. Dibentuk segitiga juga bisa.
Kocok 2 butir telur, gulingkan risoles kedalamnya, kemudian gulingkan kedalam tepung panir, saya pakai tepung roti. Goreng sebentar dengan api sedang saja. jangan terlalu lama seperti saya😉
Walau bagaimanapun untuk menambah semangat mereka yang berani mecoba maka saya akan tampilkan foto risoles saya yang bentuknya artistik sekali ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s