Kuliner di Kota Medan

Lanjutan posting sebelumnya. Wisata pastinya diselingi kuliner biar afdol. Di Medan surganya makanan, bukan karena saya orang Medan tapi memang begitu pengakuan teman-teman saya yang pernah ke Medan atau ditugaskan ke Medan. Salah satu teman saya ditugaskan set up kantor baru selama 45 hari katanya naik 2,5 kg, kalau sampai 3 bulan disana bisa naik 5 kg katanya😀

Postingan sebelumnya tentang sehari wisata di Kota Medan. Tentunya sekalian diselingi kuliner dong.

Pagi: Sarapan lontong Medan, nasi uduk atau lupis.
1. Lontong Medan banyak dijual mulai dari etalase sampai rumah makan, mudah ditemukan. Lontong Medan itu terdiri dari lontong, sayur, tauco cabe hijau, serundeng, telur sambel, kering kentang dan kerupuk.

2. RM Sinar Pagi
Soto khas medan ada dua, yang pertama soto paru kedua soto udang. Soto Medan selalu memakai santan dan sarat akan bumbu. Coba deh rasakan sensasi soto full rempah plus potongan paru garing, sensasi soto berbeda dari soto di Jawa. Alamat Jl. Sei Deli Medan

Siang:
1. RM Sipirok
Rumah makan spesialisasi sop sum-sum, datangnya jangan terlalu sore suka kehabisan. Selain sop sum-sum ada juga daging bakar disiram sambal pedas. Banyak juga hidangan Medan lainnya seperti daun ubi tumbuk,ikan teri tawar, gulai ikan sale, ikan asam pedas dan udang kecepe sambal pati serta tumis bunga pepaya.
Lokasi Rumah Makan di Jl. Sunggal Medan.

2. RM Soto Kesawan
Kalau gak sempat sarapan soto, bisa lunch di soto kesawan, lokasi di jl. Ahmad Yani 116 Medan. Menu yang tersedia aneka soto, soto daging, jerohan, tapi yang khas Medan itu soto udang. Iya udang dijadikan soto belum pernah kebayang kan sebelumnya. Mari dicoba ya, harga soto sebanding dengan rasanya sekitar 20.000an.

3. RM ACC
Saya sendiri agak rancu ini restoran sebenarnya masakan Padang atau Medan, karena hidangannya beragam. Cuma yang paling terkenal ayam pop-nya. Jangan membayangkan ayam pop yang biasa dijual di restoran Padang. Ayam Pop disini ayam goreng, dengan bumbu yang meresap sempurna kedalam ayam, rasanya gurih dan berbumbu mantaps deh. Waktu itu saya pesan Ayam Pop disajikan dengan sambal kecap khas Medan dan sayur bayam direbus. Iya sayur bayam direbus ditaburi bawang goreng rasanya beda deh dengan yang biasa kita bikin dirumah segar enak. Ah susah menggambarkannya dari tadi saya bikin tulisan ini sambil ngences pingin mudik. Coba sendiri aja kali ya. Harga resionable 15.000an.
Alamat Jl. Yos Sudarso No. 32.

Makan Malam
1. Kwetiau Goreng, Ifu Mie dll
Di Medan masakan cina enak banget nget-nget, Kwetiau, Ifu Mie siram, Nasi Goreng, banyak banget bertebaran di kota Medan.Saya tidak berani rekomendasi takut kurang jelas halalnya. Dicari saja yang penjualnya muslim ya. Saya tidak pernah makan kwetiau selain di Binjai, karena kalau pesan dikota lain maka standarnya kweitiau di Medan/Binjai bisa ngedrop. Karena memang kweitaunya saja udah enak, walau dengan bumbu minimalis sekalipun. Kalau makan di kaki lima harganya murah meriah lengkap.

2. Mie Titi Bobrok
Dinamakan Mie Titi Bobrok karena dulunya lokasinya dekat dengan titi/jembatan rusak/bobrok. Sekarang sih jembatannya udah keren cuma nama yang menempel tetap, jadilah Mie Titi Bobrok. Spesialisasi mie Aceh, dengan berbagai varian. Pengolahan mie ada tiga, digoreng, direbus dengan banyak kuah dan ditumis dengan sedikit kuah. Biasanya saya pesan ditumis. Saya suka pesan yang kepiting. Sekedar informasi kalau rajungan disebut kepiting di Medan. jadi kalau mau bawel sebenarnya bukan mie kepiting tapi mie rajungan ah sudahlah :p.
Tersedia juga martabak telor penghianat, eh penghianatnya bisa diilangin itu cuma tambahan dari saya. Aneh sih martabak telor Aceh itu telurnya diluar malah kulitnya didalam, jadi saya namain penghianat aja hehehe.

Cuma beberapa waktu belakangan ini saya dapat info dari dua orang teman saya yang katanya dia sempat fly abis makan disitu, dan temannya juga fly. Tapi kok saya makan biasa aja ya? Seperti kita tidak ketahui bersama sebagian masakan aceh itu menyertakan ‘sesuatu’ sebagai bumbu masak. Entahlah, saya jgua kurang paham tapi jadi malah berfikir dua kali untuk makan kesini lagi.

3. Ayam Penyet Medan
Jl. A.H Nasution No.39 Medan
Disini jual ayam penyet yang terkenal versi dibakar, enak… apalagi sambelnya ah mantap. Selain ayam juga tersedia bebek penyet + urab, gurame, tumis kangkung dan mie Aceh. Berbagai variasi minuman, coba es campur. Saya baru coba ayam bakar dan mie aceh, enak enak enak. Aduh susah pilih kata-kata yang cocok, dicoba saja ya, yang pasti halal.

4. Ucok Durian
Belum ke Medan kalau belum mampir ke Ucok Durian. Menurut orang Medan Ucok Durian cukup mahal, tapi kalau menurut orang Jakarta sangat murah. Iyalah dibandingkan dengan durian yang beli di Jakarta bikin sakit hati belum tentu enak tapi pasti mahal. Bagi beginner wajib coba ucok durian, karena gak repot milih-milih durian sudah tersaji dan dijamin mantap. Untuk yang master bisa hunting durian sendiri dengan harga murah meriah mantaps. Lokasi Ucok durian Jl. Wahid Hasyim no. 30-32, kalau lagi musim, yang jual durian banyak sepanjang emperan toko😀. Jangan pernah meninggalkan kota Medan tanpa makan durian😉

Disela-sela jam makan bisa diselingin dengan ngemil hehehehe

1. Rujak Kolam
Rujak Kolam lokasinya dekat dengan Masjid Raya, jadi bisa sekalian mampir. Ah kalau rujak sih cuma satu kalimat: heaven on earth.

2. Pancake durian
Paling terkenal sih restoran Nelayan, coba yang di Merdeka Walk, selain pancake ada juga dim sum yang enak, kelemahannya disini antri lama. Soal rasa ya gak usah ditanya, soal harga untuk dim sum mulai dari 13.000an. Untuk pancake hhmm sekitar harga satu buah durian, cukup mahal untuk standar harga di Medan. Tapi kalau penasaran coba saja.

Foto, hmm gak setiap makan saya foto, beberapa tahun lalu sebelum makan di foto itu aneh, jadi saya jarang foto makanan. Belum lagi laptop rusak jadi foto pada hilang. Hari ini artikel tanpa foto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s