Spaghetti with Homemade Sauce

IMG_4329
Abang paling suka spaghetti, tapi dia suka rasa natural, tidak dengan bumbu instan, apalagi menggunakan daging kornet, wassalam deh tidak akan disentuh sama dia. Beberapa kali mencoba resep praktis, toh udah gede sekali-kali tak mengapa pakai bumbu instan, ujung-ujungnya tidak laku. Entah mengapa urusan spaghetti, dia paham banget mana yang enak mana yang tidak sesuai di lidahnya, waktu kecil dia susah makan, tapi kalau spaghetti gak nolak. Bahkan dia bisa membedakan mana spaghetti yang masaknya langsung di campur bumbu sama yang disiram bumbu. Hohoho bayangin anak 3 tahun bisa komplen, bumbunya tidak meresap ke spaghetti kalau tidak dicampur masaknya, kata bos kecil. Jangan kira restoran yang menghidangkan spaghetti akan disantap semua karena makanan kesukaannya. Justru karena dia suka banget maka dia pemilih, makan hanya yang benar-benar enak.
Dulu nenek saya punya ART pernah bekerja di Singapore, namanya Mbak Temon, majikannya orang Jepang. Dia biasa membuat homemade sauce spaghetti, dari dialah saya belajar membuat spaghetti sauce pertama kali, sewaktu SMA. Kalau teman main kerumah suka saya bikinin spaghetti. Jarang pakai daging, seringnya pakai sosis, karena di freezer penuh sosis, kiriman adiknya kakek yang jadi chef di salah satu hotel bintang 5. Kata teman-teman saya sih spaghetti buatan saya paling enak…hahaha ya enaklah, secara sosisnya buatan chef, sosis digoreng aja udah pasti enak. Ah terbuka rahasianya, kalian tertipu.🙂

Setelah sekian lama saya membuat spaghetti ala Mbak Temon, sekarang saya mau membuat spaghetti ala Nonna a.k.a neneknya Hatta yang asli orang Italy. Bahannya sama, tehnik membuatnya saja beda, klo versi mbak Temon tomatnya sebagian di blansir, sebagian lagi di cincang dan tidak ditumis. Setelah saya bandingkan lebih enak pakai resep Nonna karena biji tomat tidak terbawa sehingga mengurangi rasa asam. Kalau tomat di Italy manis, tak ada rasa asam sama sekali. Pernah dibawaain pasta tomat buatan Nonna beuggh enak bener. Jadi penting banget menggunakan tomat ukuran jumbo dan sudah matang sempurna agar sausnya tidak asam. Penggunaan virgin olive oil kuncinya bikin spaghetti enak. Resep aslinya tidak menggunakan daging, bombay dan keju. Ini resep modifikasi saya.

Komentar Abang:” hhmmm Bunda sausnya enak bangeeettttt….”
Me:” Iya…alhamdulillah tapi bikinnya entah kapan lagi, soalnya kalao gak ketemu tomat bagus ntar Abang komplen mulu.”
Abang:” siaaap…”
Sengaja saya bikin sausnya banyak agar tidak repot membuat lagi, tinggal simpan di kulkas, tapi apa daya spaghetti habis. Sausnya dicampur nasi, Abang cuma makan itu aja selama 2 hari…hiks Abang.

Bahan:
500 gr spaghetti
75 ml olive oil

Saus Tomat:
1,5 kg Tomat matang ukuran besar, berwarna merah tua
400 gr daging cincang, tanpa lemak
3 siung bawang putih, kupas
1 buah bawang bombay ukuran besar,kupas
Garam secukupnya
Gula pasir satu sendok teh
Lada sesuai selera
100 Keju cheedar *optional (gak pake, kejunya habis)
Thyme/rosemary/oregano satu sendok teh atau lebih (aku pakai oregano)

Cara membuat saus tomat:
1. Potong-potong tomat, sisihkan
2. Potong 2 bawang putih
3. Tumis bawang putih menggunakan olive oil sampai harum, masukkan potongan tomat.
4. Masak sampai tomat matang dan agak hancur, angkat. Kemudian hancurkan tomat dengan menggunakan alat penghancur tomat, atau gunakan saringan kawat dan bawahnya gelas untuk menekan. Sehingga terpisah antara tomat pasta dengan kulit dan bijinya.
5. Pasta tomat siap digunakan.
6. Cincang bawang bombay, tumis menggunakan olive oil dengan api kecil, sampai harum, masukkan daging cincang, garam, lada bubuk, masak sampai daging empuk.
7. Masukkan pasta tomat, oregano dan gula, cicipi rasanya. Masak sampai pasta mengental. Taburi keju parut.
8. Rebus spaghetti sesuai petunjuk dalam kemasan, cicipi sampai kekenyalan yang diinginkan. Angkat tiriskan, saya beri 2 sdm olive oil. Kata chef **** nanti rasa bumbunya tidak menyatu jika di beri olive. Sesuai selera aja deh, saya suka olive oil😀
9. Tata spaghetti di dalam piring, tuang saus tomat, hidangkan.

Note: alhamdulillah saya dibelikan alat penghancur tomat, dan sangat berguna sekali jika ingin membuat saus dalam ukuran banyak, praktis dan lebih cepat kerjanya. Hanya meninggalkan biji dan kulit tomat, no waste. Alatnya dibelikan dari Italia. Sengaja saya foto siapa tau ada yang ingin beli pas mampir kesana, atau ketemu dimana gitu.

IMG_4320
IMG_4321
maulinex
IMG_4323

2 thoughts on “Spaghetti with Homemade Sauce

Leave a Reply

