Minyak Tawon

Minyak gosok asal Sulawesi ini sangat terkenal keampuhannya. Bisa dibilang minyak tawon ini adalah minyak kayu putih plus plus. Karena isi ramuannya juga berasal dari Oleum Cocos, Oleum Cajuputih, Alium Sativum  ditambahkan bahan lainnya. Bisa dipastikan bukan berasal dari tawon saudara-saudara. Nama Tawon sendiri digunakan oleh pembuatnya karena tawon adalah binatang yang membawa makna positif, seperti hidup dalam keluarga besar tapi tetap rukun, dan madunya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Adalah Lie A Liat yang pertama kali membuat Minyak Cap Tawon, pemilik toko obat Boo Loeng, di Makassar. Perusahaan ini telah berdiri dan bertahan lebih dari 100 tahun, hebat.

Benjol, sakit perut, batuk, gatal digigit serangga oleskan saja minyak tawon, banyak lagi manfaat lainnya. Minyak tawon tidak panas di kulit tapi memberikan rasa nyaman, hangat dan harum. Pentingnya peran minyak tawon dan banyaknya permintaan membuat sebagian oknum nakal, menciptakan minyak tawon jadi-jadian alias aspal.

Ketika harga minyak tawon masih murah belum banyak beredar minyak tawon palsu. Setelah harga minyak tawon asli mulai mahal, maka bertebaranlah minyak tawon edisi Aspal. Saya pernah tertipu sekali, kemasannya sangat mirip, tapi setelah digunakan, harumnya beda, rasanya juga beda dikulit. Untuk lebih amannya beli di apotik.

Mudah-mudahan saya tidak salah ya, menurut pengamatan saya dan Tante saya sampailah kami pada kesimpulan minyak tawon asli dan palsu. Saya tidak akan merinci perbedaannya dimana saja. Jika anda teliti maka akan bisa melihat beberapa perbedaan. Seperti permainan anak TK, carilah perbedaan pada gambar dibawah ini😀 Good luck then. Yang bisa membedakan sila komen ya…

IMG_4638
Foto saya

Bandingkan dengan:

minyak-tawon
Ambil di blog, gak enak menyebutkan sumber🙂

Perbedaan nyatanya sudah jelas ya, kalau yang palsu ada tulisan aslinya, hologramnya juga beda, yang asli bulat yang palsu kotak. untuk lebih jelasnya baca di komen bawah dari Mbak Dewi yang tinggal di Makassar.

4 thoughts on “Minyak Tawon

  1. Ternyata penggemar minyak tawon toh… Nyaris serupa tapi tak sama… Dibawah (palsu) Pt. Jaya tawon, hologramnya kotak, ada tulisan ASLI, ada tulisan Depkes RI, Font huruf FF juga beda. Di Mks blm pernah Nemu yg palsu, tp di Bitung nyaris beli tapi gak serapih ini palsunya….

    1. Hai Mbak Dewi…iya penggemar berat. Keren jawabannya betuullll hehehe. Masih banyak mbak yang palsunya, ada yang tulisan (dibawah/diatas gambar tawonnya) ratu, sari, macam-macam mbak kalau di Jakarta dan sekitarnya. Yang lebih parah tulisannya buram dan kaya bau minyak tanah gitu. Tapi ya itu tadi harga gak bohong, kalau harganya murah langsung diteliti tulisannya hehehe. Dulu waktu abang tugas di makasar suka nitip yang kualitas bagus yang dibotol besar, pakainya diirit-irit hehehe.

      1. iya, saya pernah ketemu 2 ibu dari jakarta di kereta di budapest, yang banyak dibahas tentang minyak tawon begitu tau saya dari makassar… hehe….emang minyak tawon paling wokeh… kalo kena minyak panas/air panas, asal langsung dioles minyak tawon, kulit cepat hilang panasnya dan gak bakal berbekas atau luka teriris pisau cepat nutupnya dan hilang perihnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s