Passport Online

Yes, sudah habis lagi masa berlaku passport kami, saatnya ganti baru. Kali ini saya mencoba via online. Pertimbangan waktu dan lebih praktis. Tekhnisnya mengisi aplikasi secara online di sini. Setelah mengisi aplikasi mendapatkan notifikasi via e-mail, melakukan pembayaran via Teller/ATM, dapat e-mail konfirmasi kita mau pilih waktu wawancara hari apa, dari hari yang tersedia. Pada hari yang dipilih datang ke imigrasi membawa kelengkapan dokumen, lalu wawancara dan dalam tiga hari kerja passport selesai. Biaya yang dikeluarkan 360.000 idr plus materai 6000 untuk surat pernyataan.

Lebih mudah dibandingkan jika memilih cara walk in. Hari pertama antri pengambilan nomer, lalu mengisi formulir, menyerahkan formulir, lalu diberikan tanggal wawancara. Hari yang ditentukan kita melakukan wawancara,lalu tiga hari kemudian passport selesai. Membutuhkan 3 kali bolak-balik ke imigrasi.

Menghindari macet dan ingin mendapat nomer antrian kecil saya berangkat dari rumah jam 05:20 dan sampai di kanim Jakarta Timur 5:40 hanya 20 menit saja. Sampai di kanim sudah banyak yang mengantri tapi pintu gerbang belum dibuka. Menurut petugasnya agar petugas didalam siap menerima tamu. Gerbang baru dibuka pukul 06:15, dan orang yang berdiri di pintu gerbangpun berhamburan masuk. Saya dapat nomer urut 6 untuk yang mendaftar via online. Untuk yang walk in sudah banyak. Alhamdulillah ada kemajuan di kanim Jak-Tim, antrinya duduk gak lesehan lagi.
Jam 8 kurang sudah diminta naik ke atas, jam 8 tepat dibuka loketnya.

P10copy
Tiba di giliran aku diperiksa ternyata RT di KTP sama di KK beda dan itu tidak bisa, musti disertai surat keterangan dari kelurahan. OMG…. itu KK dari 2008 sementara perubahan RT 2011 dan di e-KTP sudah berubah saudara-saudara, tapi tidak ada perubahan di KK, cakep. Ya sudahlah ke kelurahan minta surat keterangan. Lalu balik ke imigrasi dan hampir jam makan siang, sehingga terpotong satu jam untuk makan siang. Baru sekitar jam 13:10 mulai wawancara dan foto. Banyak bersyukur saja meskipun capek yang penting ribetnya cuma sehari. The most important ..gak ada yang jutek. Kanim Jak-Tim pun menunjukkan kemajuan dalam pelayanan, yeay…..

Kiri antrian pendaftaran via online, kanan walk in.
Kiri antrian pendaftaran via online, kanan walk in.

Moral of the strory, perhatikan betul-betul data antara KTP dan KK harus sesuai. Baik nomer NIK, RT/RW musti pas. Kalau  ada perbedaan satu angka saja maka sebaiknya ke kelurahan dulu minta surat keterangan. Jangan lupa selain foto copy diatas kertas A4 (tidak dipotong) bawa dokumen asli untuk dicocokkan. Berpakaian rapi dan sopan, tidak memakai atasan warna putih, dan memakai sepatu. Datang tidak perlu terlalu pagi karena dibuka antriannya jam enam lewat. Selamat bepergian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s