Cheese Pudding

Resep ini diambil dari blognya mbak Hesti…. terima kasih resepnya Mbak. Resepnya mbak hesti ukuran pakai gelas cuma suka bingung jadi aku convert ke ml. Kata tetangga “enak banget”, kata suami “enak”, sambil gak berhenti buka tutup kulkas dan dia yang menghabiskan semua. Aku dan anak-anak cuma kebagian makan sekali. Alhamdulillah laris manis. Bisa dibuat lagi kapan-kapan. In Shaa Allah.
Di blog mbak hesty ukuran 3 pyrex. Tapi aku coba setengahnya takut gak cucok rasanya, ternyata rugiii mending sekalian 3 pyrex. jika ragu bisa coba setengah resep yang sudah aku modifikasi ini, cekidot.

Bahan vla:
3 kuning telur
450 ml santan
1,5 sdm tepung maizena
sedikit garam*
1/2 kaleng susu kental manis

Cara membuat vla:
1. Campur semua bahan aduk rata menggunakan wisk, setelah tercampur rata, panaskan diatas api kecil. Terus diaduk agar vla tidak gosong. Masak sampai meletup-letup/mendidih.
2. Tuang kedalam pyrex atau tempat anti panas lainnya. Aku didalam pyrex satu, sisanya di tupperware yang ada tutupnya, agar jika dimasukkan kedalam kulkas baunya gak nyampur dengan makanan lain.
3. Sisihkan.

Bahan Pudding

1 bungkus agar-agar tanpa warna
450 ml air
3 putih telur
225 gr gula pasir
1 sdm perasan air jeruk nipis *optional

Taburan : 100 gr keju parut atau sesuai selera.

Cara membuat Pudding:
1. Kocok putih telur, tambahkan sedikit gula pasir dan satu sendok air jeruk nipis. Mixer terus sampai berbusa. Sisihkan.
2. Campur gula pasir, agar-agar, air kemudian didihkan.
3. Setelah mendidih tuang kedalam kocokan putih telur, aduk rata.
4. Tuang ke atas vla, taburi keju parut. Tunggu sampai dingin, lalu masukkan kedalam kulkas.
5. Sajikan dalam keadaan dingin.

Note:
* Setiap menggunakan putih telur yang dimixer aku selalu menambahkan perasan air jeruk nipis agar tidak amis aromanya.
* Bahan masakan yang menggunakan santan aku biasanya menambahkan sedikit garam, walau dalam adonan cake sekalipun, agar rasanya gurih (teori bisa-bisanya aku aja sih ya… :p)

IMG_5234cp

Hasilnya: pudding busa yang lembut, dengan gurihnya vla santan yang berlimpah, puas deh vlanya banyak. Urutannya seperti di foto, yaitu vla, agar-agar, busa putih telur dan keju. Mungkin karena saya sedikit lama mengocok agar-agar dengan putih telur sehingga terjadi sedikit endapan agar-agar. Mungkin aslinya tidak ada endapan agar-agar, semua serba mungkin karena saya belum nyobain pudingnya mbak hesti, yang katanya resepnya dari tetangganya Hilce. Dicoba sajalah ya, bagaimana hasilnya. Suka?

One thought on “Cheese Pudding

Leave a Reply

