Teri Asam Pedas

Ah ini resepnya benear-benar ngarang. Biasanya ikan teri saya masak sambel goreng atau di hhmm diapain ya namanya dikasi cabe bawang jeruk nipis mentah resep dari Mama, kapan-kapan aku posting. Nah kemarin tuh lagi puasa males banget masak, pertama lemas, kedua gak bisa dicicipi hehehe. Jadi mikir nanti untuk buka bikin apa ya? Kalau anak-anak lagi ngefans sama telor dadar komplit pakai sayur-sayuran gampanglah.
Ini resep ngarangnya. Depan rumah ada pohon jeruk purut yang biasa diambil daunnya. Dirumah tetangga sebelah ada daun kunyit lagi segar-segarnya dimusim hujan. Dikasi Pete segambreng sama saudara dari kebunnya, sudah dibagi-bagi tetangga tetap saja masih banyak. Membayangkan Tom Yam tapi gak punya sereh dan udang. Ah sudahlah ngarang saja apa yang ada dikulkas dan yang ditanam di depan rumah dimanfaatkan. Ukuran kematangannya saya kurang paham ya memasaknya berapa lama, saya sih sebentar, jadi kira-kira saja. Hasilnya dimakan sama nasi panas bisa nambah, alhamdulillah ya, rasanya yang bikin unik ya daun kunyit itu. Agak bias sih karena kalau lagi puasa makan apa aja juga enak hahahaha.
IMG_5248
Bahan:
1 genggam ikan teri nasi yang warna putih
4 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
5 buah bawang merah
1 buah tomat
sedikit daun kunyit
3 lembar daun jeruk purut
garam dan sedikit gula pasir
1 sdm perasan air jeruk nipis
pete *optional
150 ml air

Cara membuat.
– Blender cabe merah,tomat, rawit, garam dan bawang merah sampai halus.
– Rebus air bersama bumbu halus, tambahkan daun kunyit dan daun jeruk yang telah disobek-sobek.
– Setelah mendidih masukkan ikan teri nasi, masak sebentar, tambahkan pete.
– Kira-kira teri sudah matang dan airnya menyusut matikan api, beri air jeruk nipis. Cicipi.
– Angkat sajikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s