Tumis Jantung Pisang

image
Gara-gara Ika posting nanya cara masak jantung pisang issh jadi ngences. Dicari-cari susah bener nih jantung sepesial ke Pasar gak ketemu juga. Setelah desperado malah Bang Ujang tukang sayur yang bawa. Jadi juga masak jantung pisang ala tante Lina. Biasanya cuma di rebus bentar atau blansir, lalu makannya pake sambel trasi widih sedap…. dengan jodohnya sang ikan asin.

Resep Tante Lina ini lebih dasyat lagi, cabe rawit dan bawang merahnya kudu banyak titah beliau. Tara… jadi juga dan memang atas nama pencinta sayuran saya mah enak aja sayur apa juga :p kecuali itu sayuran hijau-hijau di Tom Yam enggak banget deh. Eh ngelantur…

Bahan:
1 buah jantung pisang kepok
10 buah cabe rawit (sesuai selera)
7 buah bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt terasi
Garam + gula sesuai selera
1/2 buah tomat
Minyak untuk menumis
Sedikit air

Cara membuat:
1. Bersihkan jantung pisang yang bewarna merah dengan cara dibuka satu-satu sampai ketemu jantung yang bewarna putih kekuningan.
2. Iris-iris halus dengan menggunakan pisau yang telah diolesi minyak goreng, tujuannya agar getah tidak menempel dipisau. Rendam dengan air sebentar.
3. Buat sambal terasi. Haluskan rawit, bawang merah, bawang putih, terasi garam, gula dan tomaat.
4. Panaskan minyak di wajan, tumis sambel terasi sampai harum, kemudian masukkan irisan jantung pisang. Aduk-aduk lalu tambahkan sedikit air. Masak sebentar. Jantung pisang cepat empuk, cicipi.
5. Angkat, sajikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s