Puding Roti & Pisang

Dikasi pisang uli dua sisir dan pisang kepok satu sisir oleh tetangga yang baru saja pulang kampung di Lampung. Sama satu lagi kelapa muda, cuma sampai detik ini belum dibelah karena gak punya golok😀. Pisang dikasi dalam kondisi mentah tapi memang sudah tumbuh sempurna alias montok-montok pisangnya. Masih ada waktu dimasak nanti-nanti. Ternyata dalam dua hari saja pisang sudah menguning. Mulai dibuat pisang goreng, enak banget, pisangnya manis. Dua kali digoreng masih banyak juga. nanti deh nunggu puasa dua hari lagi dikolak. Eh gak juga diolah karena setiap buka puasa anak-anak cuma pesan risoles sama es buah. Sahur baru makan berat. Jadilah pisang ini overripe. Masukin kulkas, mau dibikin godok-godok beli susu UHT dulu. Pas mau bikin liat roti tawar dimeja sudah 2 hari masih ada 7 slice berarti baru dimakan 3 slice. Dibilangin puasa bener-bener deh nafsu makan pada hilang. Sudahlah dibikin puding roti saja. Pernah diajari tetangga bikin puding roti sudah lama resepnya juga kira-kira. Cuma susunya beli satu, terus pisangnya gimana? Ngarang aja deh puding roti dikasi pisang. Roti bakar pakai pisang aja enak apalagi ini puding pakai susu sudahlah enak aja. Saya tidak punya kayu manis bubuk dan raisin, jadi skip saja. Nulis resepnya sambil menunggu puding matang, belum tau jadinya gimana, manisnya gimana…ditunggu ya. nanti pada saat berbuka baru tau rasanya gimana😉

Bahan:

7 lembar roti tawar potong kotak kotak 2×2 cm *kayaknya.
3 butir telur kocok lepas
1 sdm margarine, cairkan
1 sdm munjung maizena
1 kotak susu UHT 250 ml
100 ml air
sedikit vanili
sedikit garam
4 sdm gula pasir *kemanisan gak ya..baru perdana
1 sdm air jeruk lemon (biar segar saja sih)
6-7 buah pisang yang sudah matang haluskan pakai garpu

Cara membuat:

1. Larutkan maizena dengan air, tambahkan vanili dan sedikit garam.
2. Campur: susu, gula pasir, larutan maizena, air lemon, margarine cair, kocok hingga gula larut.
3. Siapkan loyang ukuran apa saja asal cukup dikukusan masing-masing🙂 lapisi dengan margarin.
4. Susun potongan roti tawar, kemudian masukkan pisang, tutup dengan roti tawar, lapisi pisang lagi, terakhir tutup dengan roti tawar. Siram dengan campuran susu, biarkan 15 menit agar cairan meresap kedasar.
5. Kukus sampai matang, kira-kira 30 menit.
6. Angkat sajikan.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s