Masjid Al Irsyad Satya

Sudah lamaaaaa… sekali pingin mampir ke Masjid ini. Setiap ke Bandung selalu pingin kesini. Tapi lewat saja karena beda keluar tolnya. Lokasinya keluar pintu tol Padalarang kalau lewat tol cipularang. Sementara kami lebih sering keluar tol pasteur.

Puasa kali ini Abah dan Mama di Bekasi. Alhamdulillah jadi juga kesini cuma numpang sholat ashar dan mengagumi arsitektur masjid.  Masjidnya terletak di dataran tinggi sehingga udara cukup sejuk. Design masjid ramah lingkungan, tidak menggunakan pendingin udara dan cahaya yang masuk cukup banyak memanfaatkan sinar matahari. Bentuknya masjidnya seperti Ka’bah, tidak ada tiang-tiang penopang sehingga terkesan luas. Warna masjid ini cuma menggunakan 3 warna, putih, hitam dan abu-abu, tiga warna tapi terlihat elegant. Dibagian bawah tembok yang berbatasan dengan lantai diberikan lobang angin untuk sirkulasi udara masuk. Meskipun tanpa pendingin ruangan dan sudah memakai mukena tetap masih terasa dingin. Tembok masjid  terdapat banyak lubang angin tempat masuknya udara yang bertuliskan dua kalimat tauhid, Laailaha Ilallah Muhammad Rasulullah. Untuk bagian atapnya terdapat 99 lampu dan asmaul husna terukir disana. Dibagian imam terdapat batu yang bertuliskan Allah sekaligus pemandangan lepas kearah pepohonan hijau.

Sayangnya ketika kami kesana terdapat dua keran untuk wudhu ahkwat yang tidak bisa ditutup dengan sempurna. Maksud hati ingin memberitahukan kepada pengurusnya apa daya ketika pulang lupa blas. Maklum masih muda ya.😉
Masjid ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata religi dengan nuansa berbeda. Oh ya…arsitek masjid ini Bapak Ridwan Kamil,  dibangun sebelum beliau menjadi walikota. Lokasinya di Kota Baru Parahyangan.

2 thoughts on “Masjid Al Irsyad Satya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s