Kuliner @Binjai

Kuliner wajib kalau mudik ya es campur Kalimantan. Dari dulu sampai sekarang rasanya konsisten, enak! Lalu mie sop kampung. Di Jakarta belum ada yang jual mungkin belum ada yang bisa atau harga ayam kampung yang keterlaluan😀

Mie sop ini sesuai namanya mie yang dikasi kuah sop. Kuah sop bening tapi rasanya berbumbu. Dikasi racikan ayam kampung. Pelengkapnya kerupuk mie yang besar. Dihidangkan juga perkedel kentang, telur rebus, dan makanan khas Sumut yaitu sate kerang. Sebenarnya saya tidak terlalu sering ngemil jadi agak kaget dihari pertama dan kedua perut full gak enak. Baru kembali normal setelah diet dihari ketiga. Jadi kalau mau “ngemil” saya tidak makan. Mie sop kampung Bu Ana, kalau adik saya bilang paling enak namanya Baruna, buka jam 12 siang, jam 14 sudah tutup, alias dua jam saja habis. Belinya juga antri….dan sampai sekarang saya belum coba. Mie sop kampung Bu Ana buat saya juga sudah enak kok.

Lalu kue kaya crepes gitu rasanya gurih santan dan manisnya pas, ibu saya suka banget. Kalau saya cemilannya kue putu mayang. Cuma di Binjai kue putu mayang warnanya putih jadi kalau difoto kurang menarik. Kelebihan dari kue-kue tradisional ini adalah dibuat dengan bahan baku berkualitas. Coba aja bikin kue paling gampang sedunia, kue kelpon, tapi dengan tepung beras yang baru, kelapa baru diparut dan gula merah yang mahal (bagus) dijamin rasa kue kleponnya enak.

Mie Rebus, makanan khas Melayu, mie disiram dengan kuah dari kaldu udang yang dikasi tepung sagu. Ini juga enak banget, biasa beli di Ratna. Kali ini pindah tempat dekat Bang Iwan yang jual ikan. Yang jualan tangannya gesit banget gak perlu nunggu lama 2 porsi mie rebus siap dibawa pulang. Sampai dirumah nyesel banget beli cuma dua bungkus, ternyata enak euy.

Nasi goreng masih yang di depan kantor PLN rajanya. Walau ditempat lain tetap enak dengan bumbu khas masing-masing. Gak usah ragu deh jajan di Binjai, karena kalau gak enak gak akan laku.

Sarapan pagi lontong sayur Medan buatan Kak Yul mantaps, ya itu tadi ditempat lain enak aku sukanya yang kak Yul bikin. Dibandingkan dengan lontong sayur bikinan Mama, masih top yang Kak Yul. Pernah baca artikel lontong sayur yang paling enak lontong Medan. It’s so true kalau yang masaknya jago. Lauk pendampingnya juga rame. Sarapan favorite tetap ketan plus pisang goreng. Oh iya klo ke Medan dan sekitarnya wajib hukumnya beli pisgor (pisang goreng). ok.

Terakhir sunboy cemilan everlasting dari kecil, manis, masam,  dan asin rasanya. Yang suka yang masa kecilnya tinggal di Sumut eh enggak juga sih ibu-ibu hamil juga suka😀.

Sekian dulu reportase jajanan kali ini. Dilaporkan sambil ngences oleh saya. :p

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s