City Tour Hidaibiyah

City tour kali ini semangat 45 karena akan banyak kejutan dari travel yang dirahasiakan dari jamaah, selain standar tour ke Jabal Rahmah,  melewati musdalifah, Mina, Foto di Bukit Tsur, dan ngambil foto dari bawah di Jabal Nur dan ambil miqat di Tan’im.Ini tour standar dari travel. Untuk city tour satandar sudah saya bahas di Umrah sebelumnya.Kami dapat bonus ke Hudaibiyah, salah satu tempat miqot juga, lalu ke peternakan Unta dan Museum Masjidil Haram, di hari berikutnya. Sebenarnya bonus ini berlaku hanya untuk  jamaah yang ful satu bus atau 40 orang sedangkan kami hanya 28 orang. Saya tidak berani minta karena LA kami juga sudah diskon sama Mbak El hihihi. Cuma sempat tercetus ” Mbak berarti kami gak dapat tour Hudaibiyah dong ya?” Dijawab dengan santainya, “Dapat tenang aja bonus, tapi jangan bilang jamaah dulu kita liat sikon, atau nanti digabung dengan jamaah reguler.” Jadi aku wanti-wanti ini ada schedulle, cuma terlaksana atau tidak itu tergantung jadwal jamaah reguler. Ternyata kami berangkat sendiri + jamaah reguler satu orang.

IMG-20160112-WA0003
Museum Haramain
IMG-20160102-WA0006
Tangga untuk memasuki Ka’bah

Pertama ke museum Haramain dan di guide sendiri oleh Mbak Elly, seneng banget dapat banyak ilmu pengetahuan. Disitu sejarah kabaah, nabawi lengkap dengan bukti-bukti peninggalannya. Lucunya zaman dahulu stampel kerjaan segede penggorengan terbuat dari batu. MasyaAllag bagaimana kertasnya tuh stempelnya sebesar itu. Ada alat pemintal kiswah, ada replika sumur zamzam dan lain sebagainya. Kiswah adalah kain penutup ka’bah yang setiap tahun di ganti. Setelah diganti, kain yang lama dipotong menjadi kecil-kecil kemudian dibagikan kepada tamu negara sekelas presiden dan sebagainya. Lokasi pembuatankiswah terletak di belakang museum, akan tetapi tidak bisa diakses oleh umum. Terus terang saya kurang puas biasanya saya ke museum lama-lama disusuri satu-satu, difoto bagian yang menarik. Apa daya kejar tayang untuk jadwal berikutnya. Dan batre kamera saya habis saudara-saudara. Tamat riwayat saya foto-foto.

P1020721
Al Quran pertama kali di bukukan.
IMG-20160102-WA0002
Peternakan Unta

Ketika mau naik bus mbak Elly pamit mau ke Taif mau naik kereta gantung. Widih…cuma saya sadar diri masa teman-teman ditinggal, passport juga tidak dibawa. Jadilah kami lanjut ke peternakan Onta, disitu minum susu Onta yang wallahi saya hanya cuma punya sedikit nyali untuk meminumnya. Tapi liat Mbak Dewi minum ya sudah bissmillah, ternyata enak kok, tidak amis. Adiq sampai beli lagi dibawa ke hotel. Yang merawat Onta-onta itu pengembala dari Sudan, hidupnya sederhana sekali. Bahkan untuk pergi ke oase jarak yang ditempuh sekitar 10 km. Hidupnya hanya dari menjual susu seharga 5 riyal. Kalau kesini belilah susunya kalaupun tidak suka bisa disedekahkan.

 

Dari peternakan Onta lanjut mengambil miqot di Hudaibiyah.  Hudaibiyah adalah salah satu tempat miqot bagi penduduk Mekah. Jarak dari Mekah al Mukaramah ke Hudaibiyah sekitar 30 km. Kotanya tidak begitu berkembang karena sepanjang perjalanan saya jarang melihat rumah penduduk *kesimpulan pribadi. Dikiri-kanan jalan bentangan pasir. Tapi jangan ditanya akses kesitu jalannya mulus…semulus pipi Syahrini. Agak heran saya, kalau di Indonesia jalan mulus dan besar ini pasti dipinggirnya sudah ada restoran Padang, warteg, Mall dan lain sebagainya. Rasanya aku pingin buka lapak hahahaha. Tuh kan gagal fokus.

Hudaibiyah terkenal sebagai tempat disepakatinya perjanjiian antara kaum muslimin dan kaum Qurais Mekah yang belum masuk Islam. Banyak pengikut nabi yang protes dengan perjanjian ini karena dianggap merugikan kaum muslimin. Akan tetapi Nabi menyuruh bersabar dan pada akhirnya malah umat Islam lebih banyak diuntungkan. Isi perjanjiannya bisa dicari sendiri ya. Saya tidak bisa mengambi foto, batre HP pun habis, hanya meminta Mbak Nadrah untuk foto. Sebagian dari kamipun membadalkan Umrah untuk anggota keluarganya yang telah meninggal.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s