Perubahan Nama Pada Tiket Airasia

Kami membeli tiket promo setahun sebelum keberangkatan, untuk maskapai Airasia kelebihannya kita tidak perlu mengisi nomor passport terlebih dahulu pada saat membeli tiket ke luar negeri. Cukup mengisi Nama, Tanggal Lahir dan jenis kelamin. Jadi untuk yang belum mempunyai passport bisa langsung membeli tiket, kemudian menyusul bikin passport. Uwak saya salah satu contoh yang membeli tiket tapi passport belum punya. Di KTP namanya Aijah. Ok tidak masalah jadi beli tiket sesuai nama di KTP. Pada saat pembuatan passport dibutuhkan akte kelahiran yang dimana orang zaman dahulu jarang banget punya akte kelahiran. Bikin akte kelahiran terlebih dahulu. Kebetulan banyak saudara yang bekerja di catatan sipil jadi dalam waktu dua hari akte kelahiran sudah selesai. Tapi….nama di akte kelahiran ejaan lama :Aidjah. Kasus lagi….jadilah nama di KTP diganti mengikuti akte. Untuk pembuatan KTP juga ada sepupu, sehari selesai.

Selesai urusan KTP, Akte Kelahiran, waktunya membuat passsport. Pada saat pembuatan passport yang diperuntukan untuk Umrah dibutuhkan surat pengantar dari travel berizin juga SK travel. Surat pengantar pun dibuat. Alhamdulillah selesai passport Uwak. Sekarang masalah nama di tiket yang terlanjur Aijah, kurang satu huruf. Takut bermasalah pada saat keberangkatan maka saya berniat mengurus sesegera mungkin. Menghubungi call center dibilang diurusnya via web dua minggu sebelum keberangkatan. Ya sudah diendapkan dulu sampai menjelang keberangkatan.

Mendekati keberangkatan saya membaca web Mbak Dewi proses penambahan/perubahan huruf pada tiket. Hanya huruf ya bukan nama karena efektif 25 July 2014 sudah tidak bisa lagi mengganti nama pada tiket. Beginilah prosesnya :

  1. Masuk ke http://www.airasia.com/ask.
  2. Pilih: AskAirAsia Menu Before You Fly Manage My Booking
  3. Nanti dipilih pertanyaan :Can I change the name on my ticket?

Yang perlu dipersiapkan adalah tiket, nomer booking, data yang sesuai passport.

  1. Mengisi e-form
  2. Live chat
  3. Tweet ke @askairasia

Saya skip proses live chat karena lama, sudah mengantri diurutan 22 perkiraan waktu 45 menit menunggunya, tapi setelah 45 menit masih masuk daftar tunggu lagi, akhirnya saya tertidur😀. Keesokan paginya saya tweet @askairasia follow up permintaan saya, itu jam 9 pagi. Setelah tweet saya log out jadi belum sempat membaca respond dari @askairasia. Ternyata mereka membutuhkan case number dan saya belum menjawab. Jam 14:00 saya cek e-mail sudah masuk perubahan data di tiket Uwak, namanya sudah berubah menjadi Aidjah. Wow cepat juga responnya. Syukurlah tidak perlu menghabiskan pulsa untuk menelpon. Karena promo airasia kami bisa berangkat sekeluarga, adik, kakak plus Uwak dengan biaya lebih murah, alhamdulillah. Terima kasih airasia, sering-sering buka promo ke Jeddah/Madinah ya. Love you deh.

 

Leave a Reply

