Medina District

Pertama kali menginjakkan kaki di kota suci Medina, langsung jatuh cinta…secinta-cintanya. Kemudian penasaran dengan semua kota-kota yang ada distric Medina. Karena saya suka jalan-jalan eh baca buku/brosur/majalah tentang perjalanan. Lalu ditemukanlah beberapa kota yang mempunyai distric Medina salah satunya Cordoba. Untuk yang lain saya simpan dulu, nanti jika sudah sampai I et you know. Pinisirin, tentu saja. Sama seperti penasarannya Ibu-ibu tuk beli tas Fossil atau pingin kulit seputih Shinta. Sama-sama penasaran yang membutuhkan biaya, cuma beda prioritas saja hehehe.
Berkat tidak ke salon, jarang jajan di mal, apalagi belanja-belanja alhamdulillah atas izin Allah sampai juga di Cordoba. Dan entah satu frekuensi atau apa Adik pesan hotel di district Medina daerah horang kayah pada zamannya. Dari luar hanya terlihat kotak-kotak saja bangunanya. Di dalamnya keren ada taman terbuka ditengah ruangan (patio), ada ruangan terbuka dilantai paling atas tuk santai-santai bisa dikategorikan rumah sehat, dan luas. Tidak mengherankan namanya saja distict Medina sudah pasti yang mengembangkan wilayah bangsa Arab. Maka disain rumahpun dibuat ada taman guna melancarkan sirkulasi udara. So humble, diluar sederhana didalamnya nyaman sekali. Untuk rumah-rumah tertentu pintu gerbang sengaja dibuka agar kita bisa melihat-lihat patio mereka.
IMG_9083

Walking tour bersama rombongan dari beberapa negara merupakan pengalaman yang menyenangkan. Tukar cerita dengan mereka dan tidak ada batasan siapa, dari mana kita berasal, tetap berkomunikasi dengan bahasa Inggris saya yang limited *ngakunya tinggal di London. Saya sendiri sampai lupa kalau saya berhijab mungkin sedikit berbeda tapi tidak ada perlakuan berbeda.

District Medina dibangun seperti labirin banyak jalan-jalan yang sangat mirip, tujuannya agar musuh terkecoh jika sudah masuk didaerah tersebut, akan terperangkap susah menemukan jalan keluar. Iyakah, ah masa sih perasaan udah beberapa kali bolak-balik dari hotel keluar gampang-gampang aja tuh. Nanti habis tour ini dicoba deh. Singkat cerita saya mencoba jalan sendiri menyusuri jalan-jalan yang sepertinya beberapa kali saya lewati, baik itu menuju Mezquita, cari makanan halal, atau cari mini market, gampanglah. Masuk jalan yang satu keluar jalan yang lain, ketemu beberapa rumah yang keren banget patio nya. Lalu ketemu toko teh dan saya hampir beli kemudian insyaf, teh dirumah masih banyak. Beli Sabor cemilan kuaci dikasi gula karamel, enak ini musti dicoba, sampai saya lelah, –lelah cuma lihat-lihat saja tapi tidak belanja– dan bermaksud kembali ke hotel. Disini kebingungan di mulai, semua bangunan terlihat sama, tadi pagi saya lewat sini walking tour, lalu… lalu kemana?

Ikuti jalan satu ketemu pertigaan kiri atau kanan soklah kanan, lalu semakin tersesatlah saya dan itu hanya di district Medina ibaratnya komplek perumahan lah, itu aja tersesat, please Afi. Jalan lagi sambil mengingat-ingat, masih tidak ketemu juga, aha patokannya taman kecil, jalan lagi dan entah berapa lama saya berjalan sampai saya nyerah. Saya angkat topi buat orang-orang dahulu yang gelarnya mungkin tidak ada tapi pengetahuannya untuk mendesain perumahan dengan jalan mirip dan serumit ini. Minta ampun gusti sudah sombong. Keluarkan HP, Gmaps, dan ternyata saya tidak jauh dari hotel, hanya menyusuri beberapa pengkolan saja. Iya kalau di Indonesia tiap pengkolan ada Indomaret atau RM Padang gampang ngapalinnya. For your information I’m good at reading maps, menghapal jalan, sekelebat liat rumah makan, maklum dulu supir Akap, kali ini saya nyerah hands up. I’m not that good, Astaghfirullah hal azim.

“Sedikit banyaknya kesombongan memang tidak untuk disematkan pada manusia.”

Cordoba July 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s